Sejarah Hagia Sophia, antara Katedral Kristen Ortodoks dan Masjid

Sabtu, 11 Juli 2020 - 10:01 WIB
loading...
A A A
Ketika Turki dipimpin Recep Tayyip Erdogan selama belasan tahun terakhir, muncul seruan agar museum Hagia Sophia dikonversi kembali menjadi masjid. Erdogan dan partainya, Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berakar pada Islam, terus berkampanye mendukung konversi itu. Kubu oposisi menilai kubu Erdogan memanfaatkan situs kuno itu sebagai alat politik untuk meraup suara dalam pemilu Turki yang akan datang.
Sejarah Hagia Sophia, antara Katedral Kristen Ortodoks dan Masjid

Foto/REUTERS

Seruan konversi itu memicu reaksi keras sejumlah kalangan, terutama dari Yunani dan Gereja Kristen Ortodoks Rusia yang tak terima dengan rencana tersebut. Amerika Serikat dan Uni Eropa juga menyuarakan kekecewaan dan keprihatinan.

Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO) yang sejak lama memasukkan Hagia Sophia dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO ikut bereaksi dengan akan meninjau ulang statusnya sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO jika bangunan dikonversi sebagai masjid.

Tapi, pengadilan Turki pada hari Jumat (10/7/2020) menorehkan sejarah yang mendukung pemerintah Erdogan dengan memutuskan mencabut status Hagia Sophia sebagai museum. Erdogan menyambutnya dengan langsung mendeklarasikan bangunan itu sebagai masjid dan salat pertama umat Islam di bangunan itu bisa dimulai pada 24 Juli 2020 mendatang.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0998 seconds (0.1#10.140)