Terlibat dalam 10.500 Pembunuhan, Nenek Juru Ketik Nazi Divonis Bersalah

Selasa, 20 Desember 2022 - 17:51 WIB
loading...
Terlibat dalam 10.500 Pembunuhan, Nenek Juru Ketik Nazi Divonis Bersalah
Seorang nenek yang masa mudanya menjadi juru ketik Nazi, Irmgard Furchner (97), dinyatakan terlibat dalam pembunuhan 10.500 orang di kamp konsentrasi Stutthof dan divonis 2 tahun dengan penangguhan. Foto/BBC
A A A
BERLIN - Seorang mantan sekretaris yang bekerja untuk komandan kamp konsentrasi Nazi telah dihukum karena terlibat dalam pembunuhan lebih dari 10.505 orang.

Irmgard Furchner (97) bekerja sebagai juru ketik remaja di Stutthof dan bekerja di sana dari tahun 1943 hingga 1945.

Furchner, salah satu dari sedikit wanita yang diadili atas kejahatan Nazi dalam beberapa dekade, diberi hukuman penjara dua tahun yang ditangguhkan.

Meskipun dia adalah seorang pekerja sipil, hakim setuju bahwa dia sepenuhnya mengetahui apa yang sedang terjadi di kamp tersebut.

Sekitar 65.000 orang diperkirakan tewas dalam kondisi yang mengerikan di Stutthof, termasuk tahanan Yahudi, warga Polandia non-Yahudi, dan tentara Soviet yang ditangkap.

Stutthof, yang terletak di dekat kota Gdansk Polandia modern, menggunakan berbagai metode untuk membunuh para tahanannya dan ribuan orang tewas di kamar gas di sana sejak Juni 1944.

Pengadilan di Itzenhoe Jerman utara mendengar kesaksian dari orang-orang yang selamat dari kamp tersebut, beberapa di antaranya telah meninggal selama persidangan.

Saat persidangan dimulai pada September 2021, Irmgard Furchner melarikan diri dari rumah jompo dan akhirnya ditemukan oleh polisi di sebuah jalan di Hamburg.



Komandan Stutthof Paul-Werner Hoppe dipenjara pada tahun 1955 karena membantu pembunuhan dan dia dibebaskan lima tahun kemudian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1976 seconds (0.1#10.140)