Tim SAR Malaysia Lanjutkan Pencarian 9 Korban Hilang Tanah Longsor

Minggu, 18 Desember 2022 - 15:10 WIB
loading...
Tim SAR Malaysia Lanjutkan Pencarian 9 Korban Hilang Tanah Longsor
Tim SAR Malaysia Lanjutkan Pencarian 9 Korban Hilang Tanah Longsor. FOTO/Reuters
A A A
KUALA LUMPUR - Pencarian sejumlah orang yang hilang dan terjebak dalam tanah longsor di lokasi perkemahan tanpa izin di Malaysia berlanjut untuk hari ketiga, Minggu (18/12/2022). Departemen pemadam kebakaran mengatakan, kemungkinan menemukan korban yang selamat sangat kecil.

Sebelumnya pada Jumat (16/12/2022) pagi, setidaknya 24 orang tewas setelah tanah longsor menghantam tempat perkemahan di Father's Organic Farm. Saat bencana terjadi, para pekemah sedang tertidur di tenda-tenda di Batang Kali, daerah perbukitan yang populer di dekat Genting Highlands, sekitar 50 km utara ibu kota Kuala Lumpur.



“Dari 94 orang yang terjebak dalam tanah longsor, 61 selamat dan sembilan masih hilang,” kata Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan negara bagian Selangor. Mereka yang tewas termasuk tujuh anak.

Tim SAR telah mengerahkan ekskavator dan anjing penyelamat untuk mencari orang-orang yang terjebak di bawah lumpur dan puing-puing, sementara hujan lebat telah menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya tanah longsor lebih lanjut.

Layanan pemadam kebakaran dan penyelamatan Malaysia mengatakan alat berat akan dioperasikan dengan hati-hati untuk mencegah kerusakan pada tubuh.

“Pencarian juga dilakukan dengan menggunakan radar penembus tanah - yang menggunakan gelombang elektromagnetik - untuk mengukur ketebalan tanah dan mendeteksi lokasi sembilan orang yang masih hilang,” kata kepala Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan negara bagian Selangor, Norazam Khamis, seperti dikutip dari Channel News Asia.



Dia sebelumnya mengatakan, kemungkinan untuk menemukan lebih banyak orang yang selamat sangat kecil, mengingat kurangnya oksigen dan beratnya lumpur yang menekan situs tersebut.

Penyelidikan awal menunjukkan tanggul sekitar 450.000 meter kubik tanah telah runtuh. Bumi jatuh dari perkiraan ketinggian 30m dan menutupi area seluas sekitar satu acre (0,4ha).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2173 seconds (0.1#10.140)