5 Koalisi Politik Malaysia Dukung Pemerintahan Persatuan Anwar Ibrahim

Jum'at, 16 Desember 2022 - 20:52 WIB
loading...
5 Koalisi Politik Malaysia Dukung Pemerintahan Persatuan Anwar Ibrahim
Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim (tengah) bersama para pemimpin koalisi politik lainnya setelah penandatanganan nota kesepahaman tentang pemerintah persatuan pada 16 Desember 2022. Foto/Kantor PM Malaysia/Afiq Hambali
A A A
KUALA LUMPUR - Pemimpin lima koalisi politik dan partai di pemerintahan Perdana Menteri (PM) Anwar Ibrahim menandatangani nota kesepahaman (MOU) untuk mendukung pemerintahannya pada Jumat (16/12/2022).

MOU tersebut antara lain menyatakan semua pihak dalam koalisi masing-masing harus memberikan suara mendukung perdana menteri dalam segala hal yang berkaitan dengan kepercayaan dan dukungan, serta hal-hal yang dapat mempengaruhi legitimasi pemerintah.

Dalam konferensi pers setelah menyaksikan penandatanganan tersebut, Anwar mengatakan, “Kami telah mencapai konsensus dengan tujuan yang jelas untuk membangun negara dan memastikan sistem politik kami stabil.”

“Kami akan fokus pada tata kelola yang baik dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih meyakinkan,” ujar dia.

“Ini tidak dapat dicapai tanpa kerja sama para pemimpin partai dari semenanjung, Sabah, dan Sarawak,” papar dia.



Anwar yang juga Ketua Pakatan Harapan (PH) menambahkan, MOU tersebut disepakati berdasarkan keinginan untuk tata pemerintahan dan pertumbuhan ekonomi yang baik.

“Bukan soal jabatan atau penghargaan, tapi prinsip dan kebijakan yang berlandaskan tata kelola yang baik dan (dalam memastikan) pertumbuhan ekonomi yang dinamis,” ungkap dia.

Dia menambahkan, “Saya berharap pemerintah persatuan ini akan menjadi tim yang kuat yang dapat menyelesaikan setiap masalah yang muncul dan menjadi satu suara.”



Bersama Anwar, MOU ditandatangani bersama oleh Ketua Barisan Nasional (BN) Ahmad Zahid Hamidi, Ketua Gabungan Parti Sarawak (GPS) Abang Johari Openg, Ketua Gabungan Rakyat Sabah (GRS) Hajiji Noor dan Presiden Parti Warisan (Warisan) Shafie Apdal.

Anwar dilantik sebagai perdana menteri pada 24 November setelah pemilihan umum ke-15 Malaysia.

Dia memimpin pemerintahan persatuan yang terdiri dari koalisinya PH dan koalisi BN yang berkuasa sebelumnya, di antara partai-partai lainnya.

Ahmad Zahid juga merupakan salah satu dari dua wakil perdana menteri di Kabinet Anwar.

Dalam sambutannya, Ahmad Zahid mengatakan MOU akan melindungi hak-hak yang tercantum dalam Konstitusi Federal, termasuk tentang Islam, bahasa Melayu, posisi orang Melayu, serta penguasa Melayu.

Mengenai masalah lain yang berkaitan dengan negara bagian di Kalimantan, Shafie Apdal mengatakan, “Salah satu hal yang saya sangat tertarik dengan isi perjanjian ini adalah tentang Perjanjian Malaysia 1963 (MA63) yang tertanam dalam pembentukan pemerintah persatuan ini.”

Pasal 2.9 MOU menyatakan posisi politik dan ekonomi yang adil antara semenanjung dan negara bagian di Kalimantan akan diadvokasi sesuai dengan kerangka MA63.

Pada 5 Desember, Anwar sebelumnya menyatakan telah mengarahkan wakilnya Fadillah Yusof untuk mempercepat hal-hal terkait MA63. Yang terakhir adalah cambuk utama GPS.

MA63 mengacu pada status Sabah dan Sarawak sebagai mitra setara dengan Malaya sebagai pendiri asli federasi Malaysia pada tahun 1963.

Ketika federasi dibentuk tahun itu, Konstitusi Malaysia mendaftarkan negara-negara bagian di Kalimantan secara terpisah dari yang lain, setara dengan Malaya yang disebutkan dalam perjanjian.

Berbicara kepada CNA's Asia Now, Dr Oh Ei Sun mengatakan salah satu ketentuan utama MOU adalah Anwar harus berkonsultasi dengan kepala pemerintahan persatuan lainnya sebelum dia membuat pengangkatan dan pemberhentian Kabinet.

“Sebagai imbalannya, partai-partai koalisi lainnya akan memberikan dukungan mereka kepadanya, Anwar Ibrahim, sebagai perdana menteri Malaysia. Itu memaparkan apa yang kami pahami selama dua pekan terakhir, tapi sekarang hitam putih,” ujar Dr Oh, rekan senior di Singapore Institute of International Affairs.

“Hal pertama yang perlu ditangani pemerintah persatuan adalah stabilitas politik,” ujar dia, mencatat bahwa jika Anwar lolos mosi percaya, itu akan memberinya periode stabilitas.

“Dia harus menggunakan stabilitas itu dengan sangat hati-hati untuk menghidupkan kembali perekonomian,” papar Dr Oh.

Dia menambahkan, “Anwar yang juga menteri keuangan, memiliki waktu sekitar satu bulan untuk menyusun anggaran berikutnya.”

Pada Rabu, Anwar menyatakan dia yakin akan mendapat mosi percaya pada kepemimpinannya sebagai perdana menteri, yang dijadwalkan akan diadakan di parlemen pada 19 Desember.

Dengan MOU dan dukungan dari para pemimpin koalisi, Anwar dikatakan bisa mendapatkan sekitar 148 anggota parlemen untuk memberinya mosi percaya pada Senin.

Anwar sebelumnya menyatakan mosi tidak percaya akan diajukan ke parlemen untuk mengakhiri pertanyaan tentang legitimasi pemerintahannya.

Ini terjadi setelah pemilu baru-baru ini tidak menghasilkan pemenang yang jelas, dengan PH yang memenangkan 82 kursi, maupun koalisi saingan Perikatan Nasional yang meraih 74 kursi mendapatkan mayoritas sederhana di Majelis Rendah dengan 222 kursi.

“Pimpinan partai dari PH, BN, GPS, GRS dan beberapa partai lainnya sudah memberikan komitmennya, dan insyaallah bisa berjalan dengan baik dan saya mohon doa yang terbaik,” pungkas Anwar.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)