2 Negara yang Dulu Punya Populasi Muslim Mayoritas tapi Kini Minoritas

Jum'at, 16 Desember 2022 - 18:25 WIB
loading...
2 Negara yang Dulu Punya Populasi Muslim Mayoritas tapi Kini Minoritas
Muslimah di Spanyol mengenakan jilbab dalam suatu acara. Foto/anadolu
A A A
LISBON - Sejarah mencatat sejumlah negara yang dulunya memiliki populasi Muslim mayoritas, namun kini justru menjadi minoritas.

Dalam riwayatnya, kesultanan Islam pernah berjaya di penjuru dunia. Pengaruhnya cepat menyebar ke berbagai belahan dunia dan mulai mendirikan pemerintahan Islam.

Dari sekian banyak, beberapa negara yang dulu sempat dikuasai peradaban Muslim di antaranya adalah Spanyol dan Portugal.

Akan tetapi, setelah penaklukan Kristen dan Katolik, populasi Muslim di negara-negara tersebut justru berubah menjadi minoritas.

Berikut negara yang dulu punya populasi Muslim mayoritas namun kini menjadi minoritas.

1. Spanyol

Pada sejarahnya, Spanyol pernah memiliki populasi Muslim yang sangat besar dan menjadi mayoritas. Namun, usai penaklukan di sana, Muslim telah kehilangan sebagian besar wilayahnya.

Dikutip dari laman The Conversation, pada 2 Januari 1492, Abdallah Muhammad bin Ali selaku Sultan Moor Granada terakhir menyerahkan kotanya kepada Raja Katolik Ferdinand II dan Isabella I.

Awalnya, raja itu sesumbar akan berlaku adil kepada penduduk muslim di sana. Faktanya, mereka justru ingin menghilangkan budaya dan agama Islam di Spanyol.

Puncaknya, muncul peristiwa pengusiran Moriscos pada tahun 1609. Kejadian tersebut merupakan pengusiran penduduk Spanyol yang beragama Muslim dari negara tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1581 seconds (0.1#10.140)