Kapal Selam Rudal Nuklir AS dan Inggris Muncul di Atlantik Utara, Gertak Rusia?

Kamis, 15 Desember 2022 - 14:52 WIB
loading...
Kapal Selam Rudal Nuklir AS dan Inggris Muncul di Atlantik Utara, Gertak Rusia?
Dua kapal selam rudal nuklir milik AS dan Inggris muncul di Atlantik Utara. Menurut media pertahanan Inggris, itu sebagai pengirim pesan kepada Rusia. Foto/US Navy via UK Defence Journal
A A A
LONDON - Dua kapal selam dengan rudal nuklir milik Amerika Serikat (AS) dan Inggris telah muncul di Atlantik Utara beberapa hari lalu.

Media pertahanan Inggris, UK Defence Journal, menggambarkan pemandangan langka itu sebagai "pengiriman pesan" kepada Rusia .

Kedua kapal selam itu adalah USS Tennessee (kelas Ohio) milik Angkatan Laut AS dan kapal kelas Vanguard (namanya tak disebutkan) milik Angkatan Laut Kerajaan Inggris. Keduanya dipersenjatai dengan rudal nuklir Trident.



Foto yang dirilis Angkatan Laut AS bertanggal 13 Desember 2022 menunjukkan kapal selam USS Tennessee dengan pesawat E-6B Mercury di atasnya ditugaskan ke "Bayangan" Armada Pengintaian Udara Skuadron 4. Selain itu ada juga helikopter MH60R Sea Hawk yang terkait dengan "Proud Warriors" dari Helicopter Maritime Strike Squadron 72.

"Acara tersebut dirancang untuk melakukan pelatihan bilateral di laut untuk memvalidasi taktik, teknik, dan prosedur yang memperkuat hubungan antara sekutu dekat yang unik dalam mendukung pencegahan dan keamanan kolektif," kata Angkatan Laut AS dalam pernyataan yang dilansir UK Defence Journal, Rabu (14/12/2022).

“Amerika Serikat dan Inggris memiliki perjanjian kerja sama jangka panjang dalam pengembangan dan penyebaran senjata strategis dan sistem pendukung.”

Kapal Kelas Ohio

Kapal selam kelas Ohio adalah jenis kapal selam bertenaga nuklir yang digunakan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat. Kelas Ohio merupakan jenis kapal selam terbesar di Angkatan Laut AS, dengan panjang 170 meter dan bobot lebih dari 18.000 ton.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1081 seconds (0.1#10.140)