Iran Vonis Penjara 400 Orang Atas Kerusuhan Teheran

Rabu, 14 Desember 2022 - 04:14 WIB
loading...
Iran Vonis Penjara 400 Orang Atas Kerusuhan Teheran
Iran vonis penjara 400 orang dalam aksi kerusuhan di Teheran. Foto/Ilustrasi
A A A
TEHERAN - Pengadilan di Ibu Kota Iran menjatuhkan hukuman penjara hingga 10 tahun kepada 400 orang yang ditangkap pada protes anti-pemerintah. Hal itu diungkapkan Jaksa Agung Teheran.

Kantor berita Mizan melaporkan Jaksa Agung Teheran Ali Alqasimehr mengatakan 160 "perusuh" dijatuhi hukuman antara lima dan 10 tahun, 80 antara dua dan lima tahun, dan 160 sampai dua tahun atau kurang.

70 lainnya didenda, Alqasimehr menambahkan, tanpa memberikan rincian apapun seperti dikutip dari BBC, Rabu (14/12/2022).

Itu terjadi sehari setelah pihak berwenang menggantung orang kedua yang dihukum karena kerusuhan.

Pengadilan Iran mengumumkan pada Senin pagi bahwa Majidreza Rahnavard (23) telah dieksekusi di depan umum di kota Mashhad di timur laut.

Pengadilan Revolusi memvonisnya kurang dari dua minggu lalu atas tuduhan "permusuhan terhadap Tuhan" setelah menemukan dia telah menikam hingga mati dua anggota Pasukan Perlawanan Basij paramiliter.

Amnesty International mengatakan Rahnavard menjadi sasaran persidangan palsu dan peradilan adalah alat represi yang mengirim individu ke tiang gantungan untuk menyebarkan ketakutan dan membalas dendam pada pengunjuk rasa yang berani mempertahankan status quo.



Kamis lalu, pihak berwenang di Teheran mengeksekusi seorang pria berusia 23 tahun yang dihukum karena "permusuhan terhadap Tuhan" menyusul apa yang dikatakan para aktivis sebagai pengadilan yang sangat tidak adil.

Mohsen Shekari dituduh menikam dan melukai seorang anggota Basij dan memblokir jalan di ibu kota pada bulan September.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2081 seconds (0.1#10.140)