Agama Warga Negara Kroasia dan Persentasenya

Senin, 12 Desember 2022 - 20:12 WIB
loading...
Agama Warga Negara Kroasia dan Persentasenya
Katolik menjadi agama mayoritas di Kroasia. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Kroasia merupakan negara Katolik, bahkan agama Katolik merupakan bentuk dari nasionalisme.

Dikutip dari Total Croatia News, pada tahun 2001 keyakinan dari warga negara Kroasia terdiri dari 87,8% Katolik Roma, Ortodoks 4,4%, Kristen 0,4%, Muslim 1,3%, 0,9% tidak ditentukan, dan 5,2% tidak memiliki kepercayaan.

Agama Katolik di Kroasia

Meskipun Kroasia tidak memiliki agama yang resmi, agama Katolik telah memiliki peran besar karena memengaruhi kehidupan masyarakatnya.

Nilai nilai yang terkandung dalam iman Katolik telah terwujud dalam budaya masyarakat yang terbentuk menjadi kasih sayang dan kemurahan hati.

Dengan tertanamnya nilai dalam masyarakat, maka Katolik terus menjadi aspek penting dalam identitas negara. Pengaruh agama ini telah terlihat jelas dalam segi kehidupan masyarakatnya.

Nilai nilai agama Katolik yang tertanam kuat, memiliki hubungan yang sangat erat dengan negara. Hal tersebut dibuktikan bahwa setiap tahunnya gereja Katolik diberikan dana 1 miliar Kuna untuk pembangunan maupun pengelolaannya.

Selain Katolik, ada 14 komunitas agama yang bekerja sama dengan pemerintah Kroasia. Belasan komunitas itu adalah:

Gereja Ortodoks/Patriarki Serbia (SPC), Komunitas Islam, Gereja Injili, Gereja Kristen Reformasi, Gereja Kristen Reformasi Protestan Pantekosta, Persatuan Gereja Pentakosta Kristus, Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, Persatuan Gereja Baptis, Gereja Tuhan, Gereja Kristus, Gerakan Reformasi Masehi Advent Hari Ketujuh, Gereja Ortodoks Bulgaria, Gereja Ortodoks Makedonia, dan Gereja Katolik Tua.

Dengan data 14 komunitas agama tersebut, maka mayoritas dari mereka adalah Gereja Katolik. Hal tersebut dikarenakan setiap pendirian komunitas agama di negara ini harus meminta izin terlebih dahulu kepada otoritas Katolik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1799 seconds (0.1#10.140)