La Barbie Sang Bos Narkoba yang Ditakuti Hilang dari Penjara AS, Presiden Meksiko Bingung

Jum'at, 09 Desember 2022 - 14:35 WIB
loading...
La Barbie Sang Bos Narkoba yang Ditakuti Hilang dari Penjara AS, Presiden Meksiko Bingung
Edgar Valdez-Villareal alias La Barbie, bos kartel narkoba yang ditakuti di Meksiko hilang dari penjara Amerika Serikat. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - La Barbie, pemimpin kartel narkoba Meksiko yang terkenal memenggal kepala musuhnya, telah "hilang" dari penjara Amerika Serikat (AS) tempat dia menjalani hukuman 49 tahun.

Nama bos kartel Beltran Leyva yang bernama asli Edgar Valdez-Villareal itu telah dihapus dari situs web Biro Penjara (BOP) federal. Di situs web tersebut tercantum bahwa La Barbie tidak dalam tahanan BOP.

Pria AS berusia 49 tahun itu sebelumnya memimpin geng kriminal Los Negros sebelum akhirnya menjadi pentolan kartel Beltran Leyva, salah satu geng kriminal yang ditakuti di Meksiko.

Baca juga: Kisah El Chapo Jadi Pecandu Seks di Penjara: Tiduri Wanita Sebanyak Mungkin

Dia ditangkap setelah baku tembak dengan polisi Meksiko di Mexico City pada 2010. Lima tahun kemudian diekstradisi ke AS.

Dia dinyatakan bersalah atas perdagangan narkoba dan pencucian uang, dan dijatuhi hukuman 49 tahun penjara di AS. Tanggal pembebasannya ditetapkan pada 27 Juli 2056.

"Hilang"-nya La Barbie dari penjara AS membuat Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador bingung.

"Sangat aneh apa yang terjadi di Amerika Serikat dengan Villareal, yang tidak lagi terdaftar di antara mereka yang ditahan dan kami ingin tahu di mana dia berada," kata Obrador, seperti dikutip New York Post, Jumat (9/12/2022).

"Tidak ada alasan baginya untuk keluar dari penjara karena dia dihukum bertahun-tahun, kecuali ada semacam kesepakatan," lanjut dia.

Beberapa pihak percaya La Barbie mungkin telah membuat kesepakatan dengan otoritas AS.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2540 seconds (10.177#12.26)