Rusia Ingin Pertukaran Tahanan, Pedagang Senjata Ditukar dengan Bintang Basket AS

Sabtu, 19 November 2022 - 17:44 WIB
loading...
Rusia Ingin Pertukaran Tahanan, Pedagang Senjata Ditukar dengan Bintang Basket AS
Rusia Ingin Pertukaran Tahanan, Pedagang Senjata Ditukar dengan Bintang Basket AS. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Rusia berharap bisa melakukan pertukaran tahanan dengan Amerika Serikat (AS), untuk mengembalikan terpidana pedagang senjata Rusia, Viktor Bout, yang dikenal sebagai “Pedagang Maut,” dalam pertukaran yang kemungkinan akan mencakup bintang bola basket AS, Brittney Griner.

Di tengah perang paling mematikan di Eropa sejak Perang Dunia Kedua, Rusia dan AS sedang menjajaki kesepakatan yang dapat membuat orang Amerika yang dipenjara, termasuk Griner kembali ke AS dengan imbalan pembebasan Bout.



“Saya ingin berharap bahwa prospeknya tidak hanya tetap, namun juga diperkuat. Dan, akan tiba saatnya ketika kita akan mendapatkan kesepakatan konkret,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Ryabkov, seperti dikutip oleh Interfax.

“Amerika menunjukkan beberapa aktivitas eksternal, kami bekerja secara profesional melalui saluran khusus yang dirancang untuk ini,” kata Ryabkov. “Viktor Bout termasuk di antara mereka yang sedang dibahas, dan kami tentu mengandalkan hasil positif,” lanjutnya.

Bagi dua mantan musuh Perang Dingin, yang sekarang bergulat dengan konfrontasi paling parah sejak Krisis Rudal Kuba 1962, pertukaran itu akan menandai salah satu pertukaran tahanan yang lebih luar biasa dalam sejarah mereka.

Pernyataan yang jelas optimis dari Ryabkov, orang penting Kementerian Luar Negeri untuk Amerika dan kontrol senjata, kontras dengan pernyataan sebelumnya dari Moskow yang telah memperingatkan Washington agar tidak mencoba terlibat dalam diplomasi megafon atas pertukaran tahanan.



Kemungkinan pertukaran termasuk Griner, yang menghadapi 9 tahun penjara di balik jeruji besi di Rusia setelah dinyatakan bersalah atas tuduhan narkoba, dan Paul Whelan yang menjalani hukuman 16 tahun di Rusia setelah dihukum karena tuduhan spionase yang dia bantah.

Rusia dan Amerika Serikat telah membahas pertukaran Griner dan Whelan, mantan Marinir AS, untuk Bout, tetapi tidak ada kesepakatan yang terwujud di tengah meningkatnya ketegangan atas invasi Rusia ke Ukraina.

Departemen Luar Negeri AS pada hari Jumat mengatakan Washington telah membuat tawaran substansial bahwa Moskow "secara konsisten gagal untuk bernegosiasi dengan itikad baik."

“Kegagalan pemerintah Rusia untuk secara serius bernegosiasi tentang masalah ini di saluran yang sudah ada, atau saluran lain dalam hal ini, bertentangan dengan pernyataan publiknya. Pada akhirnya, di sini, tindakan berbicara lebih keras daripada kata-kata,” kata wakil juru bicara Departemen Luar Negeri Vedant Patel kepada wartawan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1352 seconds (0.1#10.140)