Prihatin dengan Kebangkitan China, AS Bakal Kirim Lebih Banyak Pasukan ke Australia

Rabu, 07 Desember 2022 - 18:39 WIB
loading...
Prihatin dengan Kebangkitan China, AS Bakal Kirim Lebih Banyak Pasukan ke Australia
Prihatin dengan kebangkitan China, AS bakal kirim lebih banyak pasukan ke Australia. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) dan Australia telah sepakat untuk memperdalam hubungan pertahanan, termasuk dengan meningkatkan kehadiran rotasi pasukan udara, darat, dan laut AS di negara Oseanik tersebut. Keduanya mengutip keprihatinan bersama atas tindakan China di sekitar Taiwan dan di Laut China Timur dan Selatan.

Pengumuman itu mengikuti pembicaraan antara pejabat tinggi pertahanan AS dan Australia serta pejabat diplomatik di Washington, DC.

"Hari ini, kami sepakat untuk memperdalam kerja sama pertahanan kami dalam beberapa cara penting," kata Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin pada konferensi pers bersama dengan koleganya dari Australia, Richard Marles, juga termasuk menteri luar negeri kedua negara.

“Berdasarkan pembicaraan hari ini, kami akan meningkatkan rotasi kehadiran pasukan AS di Australia. Itu termasuk rotasi satuan tugas pengebom, pesawat tempur, dan rotasi kemampuan Angkatan Laut dan Angkatan Darat AS di masa depan,” imbuhnya seperti dikutip dari Al Jazeera, Rabu (7/12/2022).

Austin juga mengatakan kedua negara juga sepakat untuk mengundang Jepang untuk berintegrasi ke dalam inisiatif postur kekuatan keduanya di Australia.

Austin mengutip kebangkitan China dan invasi Rusia ke Ukraina sebagai alasan untuk meningkatkan hubungan pertahanan AS-Australia.

“Amerika Serikat dan Australia berbagi visi tentang kawasan di mana negara-negara dapat menentukan masa depan mereka sendiri,” ujarnya.

“Sayangnya, visi itu ditantang hari ini. Tindakan berbahaya dan koersif China di seluruh Indo-Pasifik, termasuk di sekitar Taiwan, dan terhadap negara-negara Kepulauan Pasifik serta di Laut China Timur dan Selatan, mengancam perdamaian dan stabilitas kawasan,” tambahnya.



Sementara itu Menteri Pertahanan Australia, Richard Marles mengatakan, perjanjian itu akan meningkatkan tingkat aktivitas antara kedua negara di semua domain dan mereka juga melihat peningkatan kerja sama untuk meningkatkan kapasitas fasilitas di Australia.

“Sangat penting bahwa kami melakukan ini dari sudut pandang memberikan keseimbangan di kawasan kami dan melibatkan negara lain di kawasan kami,” katanya.

Marles menambahkan bahwa ia dan Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong akan mengadakan pembicaraan 2+2 serupa dengan Jepang di Tokyo akhir pekan ini dengan undangan bagi Jepang untuk berpartisipasi dalam lebih banyak latihan dengan Australia dan AS.

Washington, Canberra, dan Tokyo juga telah bekerja sama dalam beberapa tahun terakhir melalui apa yang disebut kelompok Quad yang mencakup India.

Marles menambahkan bahwa AS dan Australia telah mengambil langkah-langkah untuk menciptakan basis industri pertahanan yang lebih mulus dan mereka perlu bekerja sama lebih erat untuk meningkatkan kemampuan militer dan mengembangkan teknologi baru.

Dalam pernyataan bersama setelah pembicaraan hari Selasa, yang dikenal sebagai AUSMIN, kedua belah pihak mengatakan bahwa untuk memperkuat kehadiran darat AS, mereka akan memperluas lokasi untuk pasukan Angkatan Darat AS dan Korps Marinir AS di Australia.

Dikatakan mereka juga akan mengidentifikasi lokasi prioritas untuk mendukung kehadiran AS yang ditingkatkan dengan perbaikan landasan pacu, apron parkir pesawat dan penyimpanan bahan bakar dan amunisi, serta penyimpanan preposisi, amunisi dan bahan bakar.

Washington melihat Canberra sebagai mitra penting dalam upayanya untuk melawan China, dan para analis mengatakan Australia dapat memiliki peran logistik yang penting untuk dimainkan dalam pertahanan Taiwan terhadap setiap langkah Beijing untuk merebut kembali pulau strategis yang dikelola sendiri itu.

Wilayah Utara atau Northern Territory Australia sudah sering menjadi tuan rumah kolaborasi militer dengan AS.



Ribuan Marinir AS berputar melalui wilayah itu setiap tahun untuk pelatihan dan latihan bersama, dan Washington berencana untuk mengerahkan hingga enam pembom B-52 berkemampuan nuklir ke pangkalan udara di wilayah tersebut, menurut media Australia.

Pendalaman hubungan pertahanan AS-Australia terjadi karena kedua negara berupaya meredakan ketegangan dengan China.

Para pemimpin mereka mengadakan pembicaraan terpisah dengan Presiden China Xi Jinping di sela-sela KTT G20 di Bali pada November lalu.

Menyusul pertemuannya dengan Xi Jinping, Presiden AS Joe Biden mengatakan kedua negara sepakat tentang perlunya bekerja sama dalam menghadapi tantangan global, termasuk perubahan iklim dan ketahanan pangan global, serta menugaskan tim mereka untuk menjaga kontak rutin.

Sebagai bagian dari upaya itu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dijadwalkan awal tahun depan untuk melakukan kunjungan pertama diplomat tinggi AS ke Beijing dalam lebih dari empat tahun.

Sementara itu Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, setelah pembicaraannya dengan Xi Jinping, juga mengisyaratkan kedua negara akan berusaha untuk mengatasi ketidaksepakatan selama bertahun-tahun atas perdagangan, hak asasi manusia, pandemi Covid-19 serta Taiwan, pulau dengan pemerintahan sendiri yang diklaim China sebagai bagian dari wilayahnya.

Saat pembicaraan AUSMIN berlangsung, kelompok bipartisan legislator Australia mengunjungi Taiwan pada hari Selasa meskipun ada peringatan dari Beijing.

Penny Wong, Menteri Luar Negeri Australia, di Washington mengatakan bahwa seharusnya tidak ada perubahan sepihak pada status quo atas Taiwan dan Canberra menghargai hubungan tidak resmi yang telah berlangsung lama dengan Taiwan.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1399 seconds (0.1#10.140)