Senator Amerika: Taiwan Lebih Penting daripada Ukraina

Rabu, 07 Desember 2022 - 04:48 WIB
loading...
Senator Amerika: Taiwan Lebih Penting daripada Ukraina
Senator Josh Hawley sebut bantuan senjata AS lebih baik dikirim ke Taiwan daripada ke Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Senator Partai Republik Amerika Serikat (AS) Josh Hawley telah meminta Departemen Luar Negeri untuk mengirimkan senjata ke Taiwan daripada ke Ukraina .

Alasannya, pulau yang terancam ditaklukkan China itu lebih penting untuk kepentingan nasional AS.

Hawley sebelumnya juga menyarankan bahwa uang bantuan Washington untuk Kiev akan lebih baik dibelanjakan di dalam negeri.

Dalam sepucuk surat kepada Menteri Luar Negeri Antony Blinken pada hari Selasa, Hawley mengeklaim bahwa penipisan stok senjata AS untuk mendukung militer Ukraina mengabaikan kepentingan keamanan vital AS di Asia.

Baca juga: Terlalu Banyak Pasok Senjata ke Ukraina, AS Khawatir Sulit Bantu Taiwan

Politisi asal Missouri itu berpendapat bahwa arus keluar senjata Washington harus segera dialihkan ke Taipei, karena mempersenjatai Taiwan akan sangat sulit jika China melancarkan serangan militer hipotetis ke pulau tersebut.

“Terlepas dari sumber senjatanya, jika Taiwan dan Ukraina membutuhkannya, mereka harus pergi ke Taiwan terlebih dahulu,” tulis Hawley dalam suratnya, seperti dikutip Russia Today, Rabu (7/12/2022).

Dia lantas menyarankan bahwa Jerman atau sekutu NATO lainnya fokus untuk memasok Ukraina sebagai gantinya.

Taiwan telah memerintah dirinya sendiri sejak pasukan nasionalis yang dipimpin oleh Chiang Kai-shek melarikan diri dari daratan China ke pulau itu pada tahun 1949, setelah mereka kalah dalam perang saudara melawan kubu komunis.

Posisi resmi Beijing adalah bahwa ia akan berusaha untuk menyatukan kembali pulau itu secara damai dengan daratan China, sambil mempertahankan hak untuk menggunakan kekuatan militer jika perlu.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1866 seconds (11.210#12.26)