Seoul: Korut Tembakkan 130 Mortir dalam Latihan Militer

Selasa, 06 Desember 2022 - 00:30 WIB
loading...
Seoul: Korut Tembakkan 130 Mortir dalam Latihan Militer
Seoul: Korut Tembakkan 130 Mortir dalam Latihan Militer. FOTO/KCNA
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) menembakkan sekitar 130 peluru artileri ke lepas pantai timur dan baratnya dalam latihan militer terbaru di dekat perbatasan, Senin (5/12/2022). Hal itu diungkapkan militer Korea Selatan (Korsel).

Seperti dilaporkan Reuters, beberapa mortir mendarat di zona penyangga dekat perbatasan laut yang menurut Seoul merupakan pelanggaran terhadap perjanjian antar-Korea 2018. Perjanjian itu dirancang untuk mengurangi ketegangan.



“Militer Korsel mengirim beberapa komunikasi peringatan ke Korut atas penembakan tersebut,” sebut pernyataan Kementerian Pertahanan Korsel dalam sebuah pernyataan.

Korut tidak segera melaporkan tembakan artileri tersebut, tetapi telah melakukan peningkatan jumlah kegiatan militer, termasuk peluncuran rudal dan latihan oleh pesawat tempur dan unit artileri.

Korsel dan Amerika Serikat (AS) juga telah meningkatkan latihan militer tahun ini, dengan mengatakan bahwa latihan itu diperlukan untuk mencegah Korut memiliki senjata nuklir.

Perjanjian Militer Komprehensif (CMA) 2018 adalah kesepakatan paling substantif yang dihasilkan dari pertemuan berbulan-bulan antara pemimpin Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan saat itu Moon Jae-in.



Namun, dengan pembicaraan yang lama terhenti, latihan baru-baru ini dan unjuk kekuatan di sepanjang perbatasan berbenteng antara Korea telah menimbulkan keraguan tentang masa depan tindakan tersebut. Korsel menuduh Korut berulang kali melanggar perjanjian dengan latihan artileri tahun ini.

Tahun ini, Korut melanjutkan pengujian rudal balistik antarbenua (ICBM) jarak jauh untuk pertama kalinya sejak 2017, dan Korsel serta Amerika Serikat mengatakan telah membuat persiapan untuk melanjutkan uji coba nuklir juga.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1210 seconds (0.1#10.140)