Spesifikasi Kapal Induk Nuklir USS Abraham Lincoln

Senin, 05 Desember 2022 - 15:32 WIB
loading...
Spesifikasi Kapal Induk Nuklir USS Abraham Lincoln
Kapal induk USS Abraham Lincoln. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengalami kejadian tak mengenakkan pada 29 November 2022. Sebab, kapal induk bertenaga nuklir kebanggaannya, USS Abraham Lincoln, terbakar di wilayah California selatan.

Akibat kejadian ini, setidaknya ada 9 pelaut AS mengalami luka. Meskipun demikian, kebakaran berhasil diatasi dengan cepat oleh para kru. Kapal ini juga kembali beroperasi.

Lantas, seperti apa spesifikasi kapal induk nuklir Abraham Lincoln? USS Abraham Lincoln atau CVN 72 adalah kapal kelima dari kapal induk bertenaga nuklir kelas Nimitz.



Naval Technology menyebut kapal ini bersandar di Virginia, AS, dan sudah mulai dioperasikan pada tahun 1989.

Sementara, pembuatannya sendiri dilakukan pada tahun 1984. Demi mengembangkan kapal ini, Huntington Ingalls Industries (HII) menggenggam kontrak sebesar USD2,6 miliar.

Pada tahun 2013, kapal ini mengalami perbaikan, modernisasi, dan perombakan. CVN 72 memiliki panjang 332,8 meter, dengan kebar 76,8 meter, dan mampu membawa hingga 90 helikopter.

Kapal induk ini juga dapat menampung 5.680 orang, termasuk awak kapal. Selama ini, USS Abraham Lincoln sudah menjalankan berbagai operasi tempur dan misi kemanusiaan di kawasan Teluk Persia dan Pasifik.

Kapal ini juga sanggup membawa 9 skuadron yang terdiri dari 2 pembom tempur hornet, 1 pesawat pendukung logistik greyhound, 2 SH-60 helikopter serang Seahawk, serta ada pula E-2 Hawkeye yang merupakan pesawat twin.

Sesuai namanya, USS Abraham Lincoln digerakkan dengan 2 reaktor nuklir kelas Westinghouse A4W, yang menggerakkan 4 turbin uap.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1092 seconds (0.1#10.140)