5 Tank Canggih Milik Amerika Serikat

Sabtu, 03 Desember 2022 - 06:01 WIB
loading...
5 Tank Canggih Milik Amerika Serikat
Tank M1A2 menjadi andalan AS di medan perang. Foto/airspace review
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) sebagai salah satu negara maju memiliki sekitar 6.333 unit tank yang canggih dan tersebar di seluruh jajaran militernya.

Tank merupakan kendaraan yang memiliki perang penting dalam mempertahankan keamanan negara dari serangan musuh luar.

Tank terbuat dari bahan yang berlapis baja yang dirancang khusus untuk bertahan dalam posisi paling depan dalam setiap peperangan.

Berikut deretan tank canggih milik Amerika Serikat

1. Tank M1A1

Berdasarkan data dari military--today-com, tank tempur utama M1A1 Abrams dikembangkan General Dynamics. Ini adalah pengembangan lebih lanjut dari M1 Abrams.

5 Tank Canggih Milik Amerika Serikat


M1A1 diperkenalkan pada tahun 1985 dan produksi dimulai pada tahun yang sama.

M1A1 memiliki perlindungan lapis baja yang lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya. Turret depan dan lambung M1A1 menampilkan lapis baja komposit canggih yang diperkuat dengan depleted uranium mesh untuk meningkatkan perlindungan.

Kantung penusuk lapis baja M829A2 dirancang khusus untuk M1A1 untuk melawan ancaman yang ditimbulkan oleh MBT Soviet-Rusia terbaru saat itu seperti T-80U dan T-90, yang dilengkapi dengan lapis baja reaksi ledakan Kontakt 5.

2. Tank M1A2

M1A2 telah disetujui produksi pada tahun 1990. M1A2 mewakili kemajuan teknologi militer AS atas desain dasar M1A1 dan merupakan baju besi perang paling canggih di dunia.

5 Tank Canggih Milik Amerika Serikat


Peningkatan yang paling signifikan adalah penambahan Sistem Informasi Antar Kendaraan (IVIS). Sistem IVIS memungkinkan pertukaran data otomatis dan terus menerus antar kendaraan.

Dengan memasukkan data posisi/sistem navigasi (POSNAV) ke kapal, komandan unit dapat secara otomatis melacak lokasi dan kemajuan bawahan tanpa menugaskan awak kendaraan.

Selain itu, posisi musuh dapat diidentifikasi, diplot, dan disebarluaskan, sementara laporan dan permintaan artileri dapat diformat, dikirim, dan diproses secara otomatis.

Terakhir, prosedur pengendalian bagan dan perintah operasional dapat didistribusikan dengan cepat melalui sistem IVIS.

3. Tank Textron RIPSAW M5

Dikutip dari militaryfactory-com, Textron Systems telah mengumumkan pengembangan RIPSAW terbarunya yakni "RIPSAW M5".

5 Tank Canggih Milik Amerika Serikat


Tank tak berawak ini adalah tank peperangan masa depan, pengembangan multi-peran, keserbagunaan, dan pertumbuhan masa depan.

Sasis yang ringan dapat mencapai 45 mph pada permukaan yang bergerak cepat dan membawa muatan hingga 3.000 pon.

Sebagai perbandingan, sasis menengah memiliki kecepatan tertinggi 40 mph dan muatan 8.000 lbs.

Power pack (struktur diesel-hybrid-electric) pada perangkat memungkinkan kendaraan untuk menyeimbangkan kekuatan utama dan bertindak sebagai semacam wingman untuk unit garis depan yang tiba di zona konflik.

4. Tank XM8

Kendaraan pengembangan membawa nama "XM8" dan biasanya ditulis sebagai "XM8 AGS" dengan maksud untuk menyebut model produksi "M8".

5 Tank Canggih Milik Amerika Serikat


Tipe ini dibangun di atas undercarriage track tradisional dengan enam roda jalan berukuran sedang di sisi track, satu roda penggerak di belakang dan satu roda track di depan (tidak ada katrol idler track).

Senjata utamanya adalah meriam utama 105mm XM35 yang dikembangkan, yang dengannya XM8 membawa 30 peluru untuk ditembakkan.

Meriam utama 105mm terletak di turret, memungkinkannya diarahkan ke target 360 derajat.

Resimen menara dilengkapi dengan senapan mesin berat M2 Browning 12,7mm opsional, yang dapat digunakan untuk melawan ancaman udara terbang rendah serta kendaraan lapis baja ringan.

Dengan adanya persenjataan yang lengkap tersebut tentu akan melumpuhkan musuh dengan cepat

5. Tank M103

Tank merupakan tank yang mirip dengan jenis sebelumnya yang terdapat pada setiap pangkalan M4 Sherman. Oleh karena itu, Sherman I (yang merupakan dasar dari M4 Sherman) digunakan dalam Sherman Firefly baru, serta Sherman I Hybrid (Komposit M4 disebut sch karena konstruksi rangka yang dilas dan dicor) dan Sherman V (M4A4 Scherman)).

5 Tank Canggih Milik Amerika Serikat


Tiga varian Firefly diproduksi dan ini ditandai dengan jenis sasis Sherman yang mereka gunakan. Firefly dapat menyerang musuh beberapa kali dalam jangkauan, dan Firefly dapat secara efektif mencapai target sekitar 1.000 meter.

Perlu dicatat bahwa konversi Sherman ke Fireflies ini pada dasarnya mewarisi perlindungan lapis baja yang "memadai" dari desain aslinya yang berarti tidak ada perlindungan lapis baja tambahan yang diberikan pada desain Firefly yang baru.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1515 seconds (0.1#10.140)