Spesifikasi Tank Tiger I, Tank Paling Ditakuti Sekutu dalam Perang Lawan Nazi

Sabtu, 03 Desember 2022 - 05:45 WIB
loading...
Spesifikasi Tank Tiger I, Tank Paling Ditakuti Sekutu dalam Perang Lawan Nazi
Tank Tiger I dikendarai sejumlah orang. Foto/The Tank Museum
A A A
BERLIN - Jerman merupakan salah satu negara dengan militer kuat pada masa perang. Sejumlah persenjataan mereka ditakuti musuh-musuhnya.

Military Factory menyebut, Jerman yang kala itu masih berada di bawah pemerintahan Nazi diperkuat berbagai alutsista canggih, seperti jet Messerschmitt Me P.1106, pesawat Gotha Go.224, tank The Panzerbuches 38 atau PzB 38, dan tank Tiger I.

Secara lebih detail, artikel ini akan membahas mengenai tank Tiger I, yang dipandang sebagai tank paling ditakuti sekutu.

Pada tahun 1937, Jerman mulai mengembangkan industri tank berat di negaranya. Padahal, kala itu sudah ada Panzer atau PzKpfw III dan IV yang sudah dinilai memiliki kemampuan terbaik.

Baca juga: Makin Banyak Paket Misterius Dikirim ke Sejumlah Kedubes Ukraina

Keputusan untuk penyediaan tank berat dilakukan ketika panzer milik Jerman berhadapan dengan tank T-34 dan KV-1 milik Soviet pada 1941.

Produksi tank berat diperintahkan untuk dimulai pada tahun 1942 dengan produksi 25 tank per bulannya. Kuantitas itu terus bertambah pada April 1944 dengan produksi 104 tank per bulan.

Demi bisa menciptakan tank tersebut, para pegawai membutuhkan jam kerja sebanyak 30 ribu jam.

Sebelum dikenal dengan nama Tiger I, tank ini disebut sebagai Panzerkampfwagen VI H. Baru kemudian disebut Tiger atau panzer Tiger pada Maret 1942.

Ketika pertama kali dikenalkan, Jerman mengklaim Tiger adalah tank paling kuat di dunia. Tidak hanya dilapisi baja, Tiger I juga memiliki meriam 88 mm.

Adapun spesifikasi, Tiger I memiliki panjang 8,45 meter jika dilengkapi senjata. Sementara, panjangnya akan berkurang menjadi 6,3 meter apabila tidak ada senjata.

Untuk lebar, tank ini memiliki lebar 3,72 meter dan tinggi 3 meter. Kecepatan maksimal yang bisa dicapai oleh Tiger I adalah 20 sampai 45,4 km per jam.

Sementara itu, beratnya mencapai 2,6 ton. Armor yang tercatat dibawa oleh tank Tiger I adalah hull front, hull side upper, hull side lower, hull top, hull bottom, gun mantlet, turret front, dan masih banyak lagi. Tiger I paling banyak diproduksi pada Februari hingga Mei 1944, dengan total 95 unit.
(sya)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1802 seconds (11.252#12.26)