Total Kekayaan PM Inggris Rishi Sunak Melebihi Raja Charles III

Rabu, 30 November 2022 - 17:29 WIB
loading...
Total Kekayaan PM Inggris Rishi Sunak Melebihi Raja Charles III
Raja Inggris Charles III dan Perdana Menteri Rishi Sunak. Foto/Sky News
A A A
LONDON - Rishi Sunak baru baru ini memang tengah jadi pusat perhatian karena selain telah terpilih sebagai Perdana Menteri Inggris yang baru dia juga memiliki total kekayaan lebih besar ketimbang Raja Charles III .

Rishi Sunak merupakan salah satu orang terkaya di Inggris. Sebagian besar kekayaannya ini diketahui dipegang oleh sang istri, Akshata Murthy.

Dilansir dari Forbes, Murthy merupakan putri dari NR Narayana Murthy , salah satu pendiri dan pensiunan perusahaan raksasa teknologi India Infosys, yang kekayaan bersihnya diperkirakan oleh Forbes sebesar $4,5 miliar.

Sesuai pola kepemilikan saham di BSE, Murthy memiliki sebesar 0,93% dari saham Infosys yang membuatnya memperoleh sekitar USD 715 juta pendapatan dividen dari Infosys pada tahun 2022.



Sementara bila ditotal dengan pendapatan milik Rishi Sunak maka nilainya akan menjadi USD 810 juta. Nilai tersebut jauh melebihi kekayaan Raja Charles III yang hanya memiliki kekayaan bersih USD 500 juta.

Sebelum terjun ke dunia politik, Rishi Sunak sempat mengelola perusahaan investasi Catamaran Ventures milik ayah mertuanya sejak 2013 hingga 2015.

Diketahui saat ini Rishi Sunak dan istrinya memiliki empat rumah yang tersebar di Inggris dan AS, senilai USD 18,3 juta.

Properti terbesar yang dimilikinya adalah Manor House, rumah pedesaan dua lantai yang terdaftar sebagai warisan abad ke-19 di desa Kirby Sigston di Yorkshire utara, Inggris, yang pasangan tersebut beli pada Juli 2015 seharga USD 2,3 juta.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya Murthy lah yang memiliki kekayaan paling banyak. Diketahui dirinya selain memiliki saham di Infosys juga memiliki saham di Catamaran Ventures UK.



Selain itu dirinya juga memiliki saham di pasar furniture mewah The New Craftsmen dan toko bunga online Bloom & Wild.

Orang tua Sunak sendiri berasal dari Afrika Timur, menurut Encyclopedia Britannica. Orang tuanya bertemu di Inggris setelah mereka bermigrasi ke sana pada tahun 1960-an, ayahnya menjadi seorang dokter dan ibunya seorang apoteker.

Sunak yang lahir pada tahun 1980 merupakan lulusan dari Universitas Winchester. Setelah lulus pria berdarah India dan Afrika Timur ini bekerja di perusahaan manajemen investasi Goldman Sachs.

Kemudian pada tahun 2009 dia menikahi salah satu anak milyader India tersebut. Murthy sendiri merupakan lulusan dari Fashion Institute of Design and Merchandising di Los Angeles.



Sumber :

- https://www.forbes.com/sites/giacomotognini/2022/10/25/how-rich-is-rishi-sunak-akshata-murthy-net-worth/?sh=69a9a4d74dad

- https://www.livemint.com/news/world/britain-pm-richer-than-king-charles-rishi-sunak-sits-on-fortune-of-730000000-11666760497513.html

- https://www.cbsnews.com/news/rishi-sunak-new-uk-prime-minister-wealth-richer-than-queen-elizabeth/
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1840 seconds (0.1#10.140)