Pertama Kalinya, Inggris Kirim Helikopter ke Ukraina

Rabu, 23 November 2022 - 19:43 WIB
loading...
Pertama Kalinya, Inggris Kirim Helikopter ke Ukraina
Untuk pertama kalinya, Inggris mengirimkan helikopter Sea King ke Ukraina. Foto/royalnavy.mod.uk
A A A
OSLO - Inggris meningkatkan dukungannya untuk perlawanan Ukraina terhadap Rusia . Terbaru, Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengumumkan pihaknya akan mengirimkan helikopter ke Ukraina untuk pertama kalinya.

Tiga helikopter Sea King akan diberikan, dengan yang pertama sudah berada di Ukraina. Mereka adalah pesawat pilot pertama yang dikirim oleh Inggris sejak invasi Rusia dimulai pada Februari.

Wallace juga mengatakan 10.000 peluru artileri tambahan sedang dikirim untuk membantu Ukraina mengamankan wilayah yang telah direbutnya kembali dari pasukan invasi dalam beberapa pekan terakhir.

“Dukungan kami untuk Ukraina tidak tergoyahkan. Putaran artileri tambahan ini akan membantu Ukraina untuk mengamankan tanah yang telah direklamasi dari Rusia dalam beberapa pekan terakhir,” katanya saat berkunjung ke Norwegia seperti dilansir dari The Guardian, Rabu (23/11/2022).

Dukungan baru datang setelah Rishi Sunak mengumumkan tambahan sekitar Rp938,4 miliar dalam bantuan pertahanan saat ia mengunjungi Kiev selama akhir pekan kemarin.

Baca: PM Inggris Mendadak Sambangi Kiev, Janjikan 125 Senjata Anti-pesawat

"Angkatan Laut Inggris memberikan pelatihan enam minggu tentang Sea Kings di Inggris untuk angkatan bersenjata dan insinyur Ukraina," kata Kementerian Pertahanan Inggris.

Dukungan baru ini mengikuti komitmen untuk menyediakan 1.000 rudal permukaan-ke-udara dan 125 senjata anti-pesawat.

Wallace berada di Norwegia bertemu menteri pertahanan sekutu di kapal induk HMS Queen Elizabeth.

Berita itu muncul ketika Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan Rusia mungkin hampir kehabisan stok kendaraan udara tanpa awak buatan Iran setelah meluncurkan beberapa ke Ukraina sejak September. Dalam pembaruan intelijen harian yang diposting di Twitter, Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan Moskow kemungkinan akan berusaha untuk memasoknya segera.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1791 seconds (11.210#12.26)