Anwar Ibrahim Akan Dengar Semua Masukan Sebelum Bentuk Kabinet

Selasa, 29 November 2022 - 02:30 WIB
loading...
Anwar Ibrahim Akan Dengar Semua Masukan Sebelum Bentuk Kabinet
Anwar Ibrahim Akan Dengar Semua Masukan Sebelum Bentuk Kabinet. FOTO/CNA
A A A
KUALA LUMPUR - Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim menegaskan ingin mendengar semua pandangan sebelum memilih kabinetnya. Hal itu diungkapkan Anwar setelah pertemuan Dewan Kepresidenan Pakatan Harapan (PH), Senin (28/11/2022).

“Proses untuk ini adalah semua orang dapat memberikan pandangan mereka tetapi mereka telah menyerahkan kepada saya untuk membuat keputusan akhir,” kata Anwar, seperti dikutip dari Channel News Asia.



Ketika didesak kapan pengumuman itu akan dilakukan, Anwar mengatakan akan dilakukan "sesegera mungkin". “Karena ini situasi yang tidak biasa karena pemerintah persatuan melibatkan banyak pihak. Jadi sebelum saya memutuskan saya harus mendengar semua pandangan,” jelasnya.

Dia menambahkan bahwa masalah utama yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa Kabinetnya akan dirampingkan dan dia tidak akan menunjuk menteri kabinet sebagai bentuk penghargaan.

“Di pemerintahan sebelumnya, pemimpin hanya akan terus menambahkannya. 50? Oke. 60? oke, 70, oke? Tidak cukup? Utusan khusus. Tidak cukup? Penasihat khusus. Saya tidak bersedia melakukan itu," tambahnya.

Anwar juga ditanya apakah dia akan mempertimbangkan pandangan organisasi non-pemerintah tertentu untuk tidak mempertimbangkan anggota parlemen dengan kasus pengadilan yang sedang berlangsung di Kabinetnya, termasuk ketua BN Ahmad Zahid Hamidi.



“Itu adalah pandangan yang kami pertimbangkan. Tapi dari perspektif hukum, baru setelah ada penilaian (apakah itu penting). Selebihnya akan kami pertimbangkan,” kata Anwar.

Pada hari Minggu, Anwar mengatakan bahwa dia akan mengumumkan Kabinetnya dalam beberapa hari ke depan, karena dia saat ini sedang berdiskusi dengan anggota koalisi, termasuk empat partai utama di Pakatan Harapan - Parti Keadilan Rakyat (PKR), Partai Aksi Demokratik (DAP), Amanah dan Organisasi Kinabalu Progresif Bersatu.

Selama akhir pekan, Anwar juga mengadakan diskusi dengan para pemimpin mitra koalisi PH, seperti ketua Gabungan Rakyat Sabah (GRS) Hajiji Noor dan ketua Gabungan Parti Sarawak Abang Johari Tun Openg.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1145 seconds (0.1#10.140)