Rusia: Aktivitas Penelitian Biologi Militer AS Ancaman bagi Dunia

Senin, 28 November 2022 - 18:03 WIB
loading...
A A A
Dokumen itu menambahkan, “Manajemen risiko biologis membutuhkan… mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko tersebut, terlepas dari apakah itu berasal dari Amerika Serikat atau luar negeri, menunjuk pada kebutuhan mengevolusikan kemampuan pertahanan biologis AS.”

Badan Pengurangan Ancaman Pertahanan AS, lembaga Pentagon yang sebagian besar berfokus pada melawan ancaman yang ditimbulkan senjata pemusnah massal (WMD), melangkah lebih jauh dalam strateginya untuk tahun 2022-2027.

Lembaga itu secara terbuka mengidentifikasi perluasan kemampuan AS untuk “mengidentifikasi, mengkarakterisasi, dan mengeksploitasi kerentanan WMD musuh” sebagai salah satu tujuannya.

Tujuan lainnya adalah mengenali potensi hambatan perang WMD dan menemukan “solusi” untuk membantu AS dan sekutunya “menang selama konflik.”

Niat yang dinyatakan Washington memperkuat implementasi Konvensi Senjata Biologis (BWC) telah ditanggapi dengan keraguan dari Moskow.

“Rusia telah berulang kali mengangkat masalah tujuan sebenarnya dari program penelitian Pentagon di berbagai situs internasional,” papar Kirillov.

Dia menambahkan, “Pertanyaan-pertanyaan ini masih belum terjawab hingga saat ini.”

Pada akhir Oktober, Rusia mengajukan keluhan resmi yang mengklaim aktivitas biologis yang didukung AS terjadi di Ukraina dan meminta penyelidikan PBB atas masalah tersebut.

Dewan Keamanan PBB menolak proposal Moskow, dengan AS, Inggris, dan Prancis memberikan suara menentangnya.

Pernyataan Kirillov dibuat menjelang konferensi tinjauan BWC mendatang yang dijadwalkan berlangsung di Jenewa pada akhir November dan awal Desember.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1758 seconds (0.1#10.140)