Longsor di Kota Kecil Italia, Tim Penyelamat Cari Selusin Orang Hilang

Minggu, 27 November 2022 - 17:30 WIB
loading...
Longsor di Kota Kecil Italia, Tim Penyelamat Cari Selusin Orang Hilang
Longsor di Kota Kecil Italia, Tim Penyelamat Cari Selusin Orang Hilang. FOTO/EPA
A A A
MILAN - Tim penyelamat Italia sedang mencari selusin orang hilang di pulau selatan Ischia, setelah tanah longsor besar menewaskan sedikitnya satu orang di wilayah tersebut.

Gelombang lumpur dan puing-puing menyapu kota kecil Casamicciola Terme pada Sabtu (26/11/2022) pagi. Longsor juga menelan setidaknya satu rumah dan menyapu mobil ke laut.

Baca: Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Italia, Terasa di Beberapa Negara

Tim penyelamat menemukan mayat seorang wanita berusia 31 tahun, menurut kantor berita Italia AGI, dengan media lokal lainnya melaporkan 13 orang terluka dalam insiden itu.

“Sekitar selusin orang masih belum ditemukan pada Minggu (27/11/2022) pagi,” kata pejabat setempat, Claudio Palomba. “Tetapi, beberapa orang yang sebelumnya dilaporkan hilang telah ditemukan selamat, termasuk satu keluarga dengan bayi yang baru lahir,” lanjutnya.

Perdana Menteri Giorgia Meloni menyampaikan simpatinya kepada mereka yang terkena dampak. Ia mengadakan rapat kabinet luar biasa pada hari Minggu untuk membahas bencana tersebut.

"Kami khawatir ada korban lain, tapi sejauh ini satu orang tewas," kata Luca Cari, juru bicara dinas pemadam kebakaran. Upaya penyelamatan terhambat oleh hujan dan angin kencang, yang juga menunda feri yang membawa bala bantuan dari daratan.

Baca: Jalan Lintas Sumsel-Lampung Longsor Lagi, Terancam Terputus

Dinas pemadam kebakaran mengatakan sebelumnya bahwa satu rumah telah kebanjiran lumpur dan dua orang telah diselamatkan dari sebuah mobil yang tersapu ke laut.

Di daerah kota yang terkena dampak paling parah, setidaknya 30 keluarga terjebak di rumah mereka tanpa air atau listrik, dengan lumpur dan puing-puing menghalangi jalan, kantor berita ANSA melaporkan.

Para pejabat mengatakan mereka memperkirakan akan mengungsi dan menemukan rumah sementara untuk antara 150 dan 200 orang. "Upaya penyelamatan tetap rumit karena kondisi cuaca," kata departemen perlindungan sipil, tetapi menekankan tim akan terus bekerja sepanjang malam.

Pihak berwenang setempat meminta penduduk Ischia untuk tetap berada di dalam untuk menghindari menghalangi penyelamat. Kehancuran di Ischia terjadi hanya beberapa minggu setelah 11 orang tewas dalam hujan lebat dan banjir di wilayah Marche, Italia tengah.
(esn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2379 seconds (10.101#12.26)