Kode Rahasia Kaisar Romawi Berusia 500 Tahun Terpecahkan, Isinya Mencengangkan

Minggu, 27 November 2022 - 09:07 WIB
loading...
A A A
Apa yang ingin dia hindari di atas segalanya adalah penggabungan Prancis dan Inggris untuk memberikan lebih banyak bantuan kepada pemberontak Protestan.

Charles V kemudian berbicara tentang desas-desus yang beredar bahwa dia akan menjadi sasaran percobaan pembunuhan oleh Italia condottiere (pemimpin tentara bayaran) Pierre Strozzi. Ia memerintahkan Saint-Mauris harus mencari tahu sebanyak mungkin tentang desas-desus ini. Apakah itu hanya gosip, atau ancaman nyata.

Dan akhirnya di bagian terpanjang dari surat itu, Charles V menjelaskan kepada duta besarnya keadaan permainan saat ini dalam kampanyenya melawan Liga. Telah terjadi pemberontakan baru di Praha, dan keponakan kaisar Ferdinand dari Tyrol terpaksa melarikan diri.



Tapi Charles V memberikan instruksi tentang bagaimana Saint-Mauris harus "memutar" berita di pengadilan Prancis. Pemberontakan Praha adalah urusan kecil, katanya, dan Ferdinand telah meninggalkan kota karena dia ingin bergabung dengan ayahnya - saudara laki-laki kaisar - dalam kampanye.

Bagi sejarawan Camille Desenclos, fakta bahwa beberapa bagian dari surat itu dienkripsi dan yang lainnya tidak penting.

"Mereka semua tahu ada satu dari dua kemungkinan bahwa surat itu akan dicegat. Dalam hal ini ada pesan yang layak disampaikan ke Prancis," katanya - seperti fakta bahwa kaisar bekerja sama dalam langkah-langkah membangun kepercayaan di Italia utara.

"Ini dibiarkan dalam bahasa sederhana. Tapi ada hal-hal lain yang harus dirahasiakan - seperti keadaan sebenarnya dengan pemberontakan Protestan, dan itu dimasukkan ke dalam kode," imbuhnya.

Apa yang terjadi selanjutnya? Hanya beberapa minggu kemudian raja Prancis François I meninggal, digantikan oleh putranya Henri II. Charles V mengalahkan Liga Schmalkaldic pada tahun berikutnya, tetapi Protestantisme tetap tinggal di Jerman. Pada tahun 1552 Henri II membentuk aliansi baru melawan kaisar dengan para pangeran Protestan.

Dan tidak ada percobaan pembunuhan. Charles V meninggal di sebuah biara Spanyol pada tahun 1558.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1832 seconds (0.1#10.140)