Sekjen NATO: Terserah Jerman Jika Ingin Kerahkan Rudal Patriot ke Ukraina

Sabtu, 26 November 2022 - 04:43 WIB
loading...
A A A
Stoltenberg mengatakan dia akan mendesak pertemuan menteri luar negeri NATO di Bucharest minggu depan untuk meningkatkan pengiriman bantuan militer ke Ukraina.

“Cara terbaik untuk meningkatkan peluang solusi damai adalah dengan mendukung Ukraina,” katanya.

“Jadi NATO akan terus mendukung Ukraina selama diperlukan. Kami tidak akan mundur.”

Amerika Serikat dan sekutu NATO lainnya sejauh ini menghindari pengiriman sistem rudal Patriot ke Ukraina. Senjata ini adalah bagian penting dari pertahanan udara aliansi untuk sayap timurnya.

Washington telah mengerahkan sistem rudal Patriot ke Polandia dan Berlin telah mengerahkannya ke Slovakia.

Jerman Tolak Kirim Rudal Patriot ke Ukraina

Sebelum pernyataan Sekjen NATO keluar, Jerman telah menolak permintaan Polandia untuk mengerahkan sistem rudal Patriot ke Ukraina barat. Menurut Berlin, pengerahan senjata pertahanan seperti itu harus membutuhkan persetujuan NATO.

Permintaan itu diungkapkan Menteri Pertahanan Polandia Mariusz Blaszczak melalui Twitter. Permintaan diajukan hanya beberapa hari setelah Berlin dan Warsawa mencapai kesepakatan pertahanan udara yang akan membuat sistem rudal Patriot dan jet tempur Jerman dikerahkan ke Polandia.

Itu sebagai respons atas insiden rudal nyasar Ukraina ke Polandia yang menewaskan dua orang. Rudal itu ditembakkan sistem pertahanan udara Kiev ketika merespons serangan misil besar-besaran Rusia pada Selasa pekan lalu.

Insiden rudal nyasar itu telah menimbulkan kekhawatiran akan eskalasi yang signifikan antara sekutu-sekutu NATO dan Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)