Sekjen NATO: Terserah Jerman Jika Ingin Kerahkan Rudal Patriot ke Ukraina

Sabtu, 26 November 2022 - 04:43 WIB
loading...
A A A
“Ini adalah sistem Patriot yang merupakan bagian dari perencanaan pertahanan udara NATO yang terintegrasi. Itulah mengapa tawaran ini bisa diajukan ke Polandia,” kata Menteri Pertahanan Jerman Christine Lambrecht kepada wartawan di Berlin setelah pembicaraan dengan rekannya dari Estonia.

“Setiap proposal yang menyimpang dari itu sekarang harus didiskusikan dengan NATO dan sekutu kami," ujarnya, seperti dikutip Bloomberg.

Jerman mengajukan tawaran untuk menempatkan sistem rudal surface-to-air Patriot di Polandia kurang dari seminggu setelah insiden rudal nyasar Ukraina.

Blaszczak mengatakan dia meminta Jerman untuk memindahkan senjata pertahanan itu lebih jauh ke timur setelah Rusia semakin gencar melakukan serangan ke Ukraina. "Mereka harus melindungi Ukraina dari korban dan pemadaman lebih lanjut dan akan meningkatkan keamanan di perbatasan timur kita," katanya.

Sebelumnya, partai yang berkuasa di Polandia telah mempermalukan pemerintah di Berlin atas apa yang disebutnya sebagai tanggapan lambat terhadap agresi Rusia.

Kesepakatan minggu ini menawarkan kesempatan untuk membuka lembaran baru tentang hubungan yang penuh ketegangan antara kedua negara. Warsawa tahun ini meluncurkan kampanye untuk menuntut Jerman membayar USD1,3 triliun sebagai kompensasi atas kerusakan akibat Perang Dunia II.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1560 seconds (0.1#10.140)