Klaim Ukraina dan Barat Meleset, Stok Rudal Rusia Ternyata Masih Banyak

Sabtu, 26 November 2022 - 00:21 WIB
loading...
Klaim Ukraina dan Barat Meleset, Stok Rudal Rusia Ternyata Masih Banyak
Klaim Ukraina dan Barat soal stok rudal Rusia telah menipis ternyata meleset. Faktanya, Moskow justru kerap meluncurkan serangan rudal besar-besaran. Foto/REUTERS/Vladyslav Musiienko
A A A
KIEV - Ukraina dan sekutu Barat-nya sempat meremehkan Rusia dengan mengeklaim stok rudal Moskow telah menipis setelah digunakan dalam perang sejak akhir Februari 2022. Klaim itu ternyata meleset.

Faktanya, Moskow dalam beberapa kesempatan telah menghujani nyaris seluruh wilayah Ukraina dengan rudal secara besar-besaran—dengan target infrastruktur energi.

Contoh terbaru, serangan misil besar-besaran pada Selasa pekan lalu yang membuat militer Kiev kewalahan termasuk respons tembakan rudal dari sistem pertahanan udaranya yang menyasar ke Polandia.

Selanjutnya pada Rabu (23/11/2022), Presiden Volodymyr Zelensky mengadu ke Dewan Keamanan PBB setelah Ukraina dihujani sekitar 70 rudal jelajah Moskow dalam sehari.

Baca juga: Ukraina Dihujani 70 Rudal Jelajah Rusia dalam Sehari, Zelensky Mengadu ke PBB

Laporan intelijen militer Inggris pada Juli 2022 mengatakan Rusia gencar menggunakan sistem pertahanan udara, termasuk S-400, untuk menyerang target darat di Ukraina karena sudah kekurangan rudal.

"Rusia telah meningkatkan penggunaan rudal pertahanan udara dalam mode serangan darat sekunder karena kekurangan kritis rudal serangan darat khusus,” tulis Kementerian Pertahanan Inggris di Twitter saat itu.

Laporan New York Times baru-baru ini juga menyebut kesalahan prediksi Barat tentang stok misil Moskow yang mereka klaim telah menipis karena faktanya Rusia masih mampu melakukan serangan masif.

Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov pada Rabu (23/11/2022) menerbitkan informasi terperinci tentang berapa banyak rudal yang tersisa di Rusia dan produksi senjata presisi sejak awal invasi skala penuh. Yang mengejutkan, Moskow masih memiliki banyak misil dan entah bagaimana mereka secara ajaib mengisi kembali persediaan senjatanya meskipun terkena sanksi.

“Empat musuh persenjataan misil Rusia: pasukan pertahanan udara Ukraina yang brilian; pasukan rudal Rusia yang tidak kompeten; sanksi; waktu. Mari kita demiliterisasi negara teroris untuk hidup damai!” tulis Reznikov.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1589 seconds (10.101#12.26)