Varian Baru Omicron Muncul, Rusia Waspada Gelombang Baru COVID-19

Jum'at, 25 November 2022 - 13:24 WIB
loading...
Varian Baru Omicron Muncul, Rusia Waspada Gelombang Baru COVID-19
Petugas medis merawat pasien Covid-19 di rumah sakit di Rusia. Foto/TASS
A A A
MOSKOW - Sub-varian BQ.1.1 Cerberus dari strain Omicron lebih menular daripada pendahulunya, sehingga gelombang baru infeksi virus corona baru di Rusia mungkin terjadi.

Peringatan itu diungkapkan spesialis penyakit menular utama dari Kementerian Kesehatan Rusia, Vladimir Chulanov.

"Subvarian Cerberus baru adalah versi dari strain Omicron. Meskipun tidak ada informasi yang menunjukkan bahwa itu lebih patogen (yaitu menyebabkan gejala yang lebih parah), namun dapat menyebar dengan cepat. Itulah mengapa lonjakan kasus (coronavirus) tidak dapat dikesampingkan," ujar ahli itu seperti dikutip di saluran Telegram resmi Kementerian Kesehatan Rusia.

Baca juga: Ngeri, Para ilmuwan Hidupkan Lagi Virus Purba Berumur 48.500 Tahun

Pakar menegaskan kembali, ÔÇťOrang tua dan pasien dengan kondisi kronis harus sangat berhati-hati selama musim gugur dan musim dingin, karena mereka merupakan bagian terbesar dari mereka yang dirawat di rumah sakit."

Layanan Federal Rusia untuk Pengawasan Perlindungan Hak Konsumen dan Kesejahteraan Manusia melaporkan pada Selasa bahwa selama sepekan terakhir, Rusia belum mendaftarkan infeksi baru apa pun dengan subvarian coronavirus BQ.1 Omicron dan BQ.1.1 Cerberus, dengan garis BA.4 dan BA.5 membuat sekitar 97% dari semua kasus.

(sya)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1721 seconds (11.97#12.26)