Dubes Rusia: Staf PBB Tahu Siapa yang Tembaki Pembangkit Nuklir Zaporozhye

Jum'at, 25 November 2022 - 10:34 WIB
loading...
Dubes Rusia: Staf PBB Tahu Siapa yang Tembaki Pembangkit Nuklir Zaporozhye
Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia di wilayah Zaporizhzhia, Ukraina, 4 Agustus 2022. Foto/REUTERS/Alexander Ermochenko
A A A
WINA - Badan Energi Atom Internasional (IAEA) sangat menyadari siapa sebenarnya yang menembaki pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporozhye (ZNPP).

Duta Besar Rusia untuk organisasi PBB di Wina, Mikhail Ulyanov, mengatakan kepada RIA pada Kamis (24/11/2022).

“Empat perwakilan IAEA saat ini berada di pabrik (dan) mereka sangat mengetahui dari mana tembakan berasal,” ujar pejabat tersebut.

Moskow telah berulang kali menuduh Kiev menembaki ZNPP, sementara Kiev menyatakan itu adalah operasi “bendera palsu” Rusia.

Baca juga: Ngeri, Para ilmuwan Hidupkan Lagi Virus Purba Berumur 48.500 Tahun

Militer Ukraina secara terbuka mengaku menargetkan wilayah ZNPP pada bulan September.

“Kami secara terbuka mengatakan sudah saatnya seseorang menyebut sekop itu sekop,” papar Ulyanov setelah penembakan baru pekan ini, yang menempatkan pembangkit itu pada risiko bencana nuklir, menurut Moskow.

“Direktur Jenderal IAEA (Rafael Grossi] sejauh ini menghindari membuat pernyataan langsung, mungkin karena Piagam IAEA tidak memiliki … mandat … untuk menentukan pihak yang bersalah dalam situasi seperti itu,” ujar Ulyanov kepada RIA.

Baca juga: Sekutu Utama Rusia: Ukraina Harus Bernegosiasi atau Berisiko Runtuh

Pejabat itu percaya bahwa panggilan langsung dari pengawas nuklir PBB ke Ukraina untuk menghentikan penembakan pembangkit listrik "pasti" akan berkontribusi untuk meredakan ketegangan di sekitar fasilitas tersebut.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2158 seconds (11.252#12.26)