Anwar Ibrahim Dilantik Jadi PM Malaysia, Akhiri Penantian 24 Tahun

Kamis, 24 November 2022 - 17:50 WIB
loading...
A A A
Bahkan PN mengatakan akan mempertimbangkan diskusi pemerintah persatuan dengan pihak-pihak yang berpikiran sama.

Penunjukan Anwar disambut dengan sorakan dari sekutu dan pendukungnya.

Dalam postingan Instagram-nya, putri Anwar, Nurul Izzah, yang melihat ayahnya dipecat dan dipenjara pada tahun 1998 setelah berselisih dengan perdana menteri saat itu Mahathir Mohamad, berkata: "Aku mencintaimu papa dan aku selalu bangga padamu, bahkan saat kamu dipenjara sebagai tahanan hati nurani."

Wakil Presiden Parti Keadilan Rakyat (PKR), Rafizi Ramli, sebuah partai komponen PH, berterima kasih kepada Raja karena telah menunjuk Anwar sebagai perdana menteri baru.

“Kita semua harus bergerak maju dan belajar bekerja sama untuk membangun kembali Malaysia demi masa depannya, dan kemakmuran rakyat dari berbagai kelompok, ras, negara bagian, dan latar belakang,” kata anggota parlemen Pandan dalam sebuah pernyataan.

The Straits Times telah mengetahui kesepakatan yang dicapai antara PH dan BN – yang mendapati dirinya berperan sebagai kingmaker dengan 30 anggota parlemen meskipun koalisi yang dipimpin UMNO dipermalukan pada pemungutan suara hari Sabtu kemarin – akan membuat UMNO mendapatkan beberapa portofolio senior, dengan orang nomor dua di partai Mohammad Hasan akan dilantik sebagai wakil perdana menteri.



Naiknya Anwar Ibrahim ke jabatan puncak, setelah dipecat sebagai wakil perdana menteri pada tahun 1998 di tengah tuduhan kontroversial sodomi dan penyalahgunaan kekuasaan, menandai kemenangan luar biasa setelah perjalanan yang mencakup dua pembatasan di penjara.

Dia diangkat sebagai wakil perdana menteri di bawah pemerintahan Mahathir Mohammad yang memimpin UMNO pada tahun 1993, tetapi prospeknya meredup setelah dia dipenjara karena korupsi pada tahun 1999. Penahanannya memicu protes jalanan dan kelahiran partainya PKR, yang sekarang memimpin PH.

Anwar kembali dipenjara pada tahun 2015 karena sodomi, tetapi diberi pengampunan kerajaan dan dibebaskan pada Mei 2018 setelah PH memenangkan pemilihan umum tahun itu. Mahathir, yang telah meninggalkan UMNO dan bergandengan tangan dengan Anwar untuk mengamankan kemenangan PH, menjadi perdana menteri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1709 seconds (0.1#10.140)