5 Fakta Menarik Jet Tempur Sukhoi Su-30 SM2 Terbaru Milik Rusia

Rabu, 23 November 2022 - 13:27 WIB
loading...
5 Fakta Menarik Jet Tempur Sukhoi Su-30 SM2 Terbaru Milik Rusia
Jet tempur Su-30 SM2 memperkuat militer Rusia. Foto/Andrey Zinchuk
A A A
MOSKOW - Rusia terus memperbaharui alutsistanya, apalagi di tengah perang dengan Ukraina. Salah satu jet tempur terbarunya adalah Su-30 SM2.

Seperti apa fakta menarik terkait jet tempur itu? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Penyuplai Pasukan Rusia

Pasukan Rusia mendapat suntikan semangat baru melalui kehadiran jet tempur Sukhoi Su-30 SM2. Jet tempur ini dikirimkan oleh United Aircraft Corporation.

Pemerintah Rusia mengumumkan hal tersebut pada 21 November 2022. Selain Su-30 SM2, perusahaan juga mengirimkan pesawat latih tempur Yal-130 ke pihak Kementerian Pertahanan Rusia.

2. Proyek yang Disempurnakan

Su-30 SM2 merupakan pesawat yang disempurnakan dari jet tempur Sukhoi edisi-edisi sebelumnya. Jet tempur ini sudah memiliki peralatan radio elektronik yang canggih, pesanan khusus Kementerian Pertahanan Rusia.

Dengan begini, maka jangkauan deteksi dan identifikasi target udaranya bisa ditingkatkan. Tidak hanya di udara, Su-SM2 juga mampu menjangkau target di darat dan laut dengan jarak senjata hingga ratusan kilometer.

Laman Key Aero menyebut penyempurnaan Su-30 SM2 ini demi menyamakan Su-35S Flanker kursi tunggal yang sangat canggih.

Diketahui, proyek pengembangan Su-30 SM2 dimulai di bawah proyek bernama “adaptasi Su”. Tujuannya adalah guna meningkatkan kemampuan tempur jet Su-30 SM dan mengganti beberapa komponennya.

3. Pesawat Tempur Terdepan

Dengan berbagai kelebihannya, Su-30 SM2 menjadi pesawat tempur terdepan milik Rusia. Salah satu kecanggihan yang dimiliki jet tempur ini adalah mampu berkomunikasi dengan drone bersenjata S-70 Okhtonik-B.

Bahkan, sampai bisa turut mengendalikannya. Dengan keahlian itu, Su-30 SM2 mampu unggul dan mendeteksi adanya pesawat musuh, meskipun dari jarak mencapai ribuan kilometer.

4. Komponen Buatan Inggris dan Prancis

Su-30 SM2 juga dipatok menjadi standar baru jet tempur Moskow. Selain canggih, komponen-komponen pesawat ini juga ada yang dibuat oleh Inggris dan Prancis, seperti layar display CMFD-55/66 (Inggris) serta indikator ILS (buatan Prancis).

Masa pakai mesin pada jet ini bisa mencapai 4 ribu jam dengan jangkauan terbang lebih jauh.

5. Digunakan 2 Matra

Jet tempur Su-30 SM2 bukan hanya digunakan oleh Angkatan Udara (AU) Rusia, namun juga Angkatan Laut (AL) negara tersebut. Jet ini tidak saja lihai membidik target di udara, melainkan juga di laut.

Secara keseluruhan, jet canggih ini tergolong cukup besar dengan panjang 21,94 meter, tinggi 6,3 meter, dan rentang sayap sekitar 14,7 meter.

Adapun bobot Su-30 SM2 mencapai 34.500 kg jika terisi penuh. Berbagai jenis senjata yang bisa diangkut oleh jet ini adalah meriam dengan 150 butir peluru, 3 bom penerbangan, roket tanpa pemandu jenis S-8, S-13, dan S-25, serta 2 peluru kendali ke udara dan permukaan.

(sya)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1954 seconds (10.101#12.26)