CIA Incar Pejabat dan Pebisnis Rusia yang Muak dengan Perang Ukraina

Rabu, 23 November 2022 - 08:27 WIB
loading...
CIA Incar Pejabat dan Pebisnis Rusia yang Muak dengan Perang Ukraina
Wakil Direktur Operasi CIA David Marlowe hadir di pertemuan badan pemikir wilayah Washington. Foto/youtube
A A A
WASHINGTON - CIA tertarik merekrut orang-orang Rusia yang “muak” dengan konflik di Ukraina, menurut laporan Wall Street Journal (WSJ) pada Selasa (22/11/2022).

Klaim itu dibuat Wakil Direktur Operasi CIA David Marlowe selama pertemuan baru-baru ini di badan pemikir wilayah Washington.

"Kami sedang mencari di seluruh dunia untuk orang Rusia yang muak dengan itu seperti kami," ungkap Marlowe, merujuk pada peristiwa terkini di Ukraina.

Dia menegaskan, “Karena kami terbuka untuk bisnis.”



Marlowe berbicara "di hadapan audiensi terpilih dari fakultas dan staf universitas" di Pusat Hayden Universitas George Mason di Arlington, Virginia.

Acara "CIA at 75" adalah penampilan publik pertamanya sejak dia menjabat pada Juni 2021, menurut WSJ.

Meskipun acara tersebut diadakan pekan lalu, Hayden Center mempublikasikan videonya pada Senin.



Wakil Direktur CIA untuk Analisis Linda Weissgold, digambarkan sebagai orang yang bertanggung jawab untuk membuat laporan intelijen lengkap untuk Presiden AS Joe Biden dan pimpinan lainnya.

Weissgold hadir di panel diskusi bersama dengan mantan Direktur Pelaksana CIA Michael Morrell.

Ditunjuk oleh Direktur CIA saat ini William Burns, Marlowe adalah seorang penutur bahasa Arab yang memiliki keahlian di Timur Tengah dan Timur Dekat.

Menurutnya, Presiden Rusia Vladimir Putin "menyia-nyiakan" semua kekuasaan dan pengaruhnya dengan "menyerbu" Ukraina pada bulan Februari.

Dia menggambarkan konflik tersebut sebagai kegagalan besar bagi Moskow dan mengatakan hal itu memberikan peluang bagi badan intelijen Barat merekrut orang Rusia yang tidak terpengaruh.

Pengumuman tersebut mengikuti beberapa kejadian di mana badan intelijen Barat mencoba mendekati personel Rusia yang bertugas di luar negeri, menurut Moskow.

Bulan lalu, Moskow memanggil Duta Besar Belanda atas laporan bahwa mata-mata Inggris mencoba merekrut atase militer Rusia di Den Haag.

Awal tahun ini, Kremlin mengecam upaya AS menyudutkan diplomat Rusia sebagai "perilaku yang sangat kurang ajar" dan "tidak dapat diterima".

Hayden Center didirikan pada 2017 oleh pensiunan Jenderal Angkatan Udara AS Michael V Hayden, beberapa bulan setelah dia menjadi kontributor CNN.

Hayden menjalankan Badan Keamanan Nasional (NSA) antara 1999-2005 dan CIA dari 2006-2009, melalui kontroversi seperti penyiksaan waterboarding terhadap tersangka terorisme dan pengawasan massal tanpa jaminan terhadap warga Amerika.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1600 seconds (0.1#10.140)