Warga Amerika Percaya Rusia Bayar Taliban untuk Bunuh Tentara AS

Rabu, 08 Juli 2020 - 21:33 WIB
loading...
Warga Amerika Percaya Rusia Bayar Taliban untuk Bunuh Tentara AS
Warga Amerika percaya jika Rusia membayar Taliban untuk membunuh tentara AS. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Mayoritas warga Amerika Serikat (AS) percaya jika Rusia membayar Taliban untuk membunuh tentara Amerika dan menginginkan sanksi sebagai tanggapan. Demikian hasil jajak pendapat yang dilakukan oleh Reuters/Ipsos

Jajak pendapat nasional yang dilakukan pada hari Senin dan Selasa menunjukkan bahwa publik Amerika tetap sangat curiga terhadap Rusia empat tahun setelah berusaha memberi "sentuhan" pada pemilihan presiden AS yang menguntungkan Donald Trump, dan kebanyakan warga Amerika tidak senang dengan cara presiden menangani hubungan dengan negara tersebut.

Jajak pendapat Reuters/Ipsos mengikuti serangkaian laporan, termasuk beberapa oleh Reuters, bahwa Rusia telah memberi penghargaan kepada militan yang berafiliasi dengan Taliban, mungkin dengan menawarkan kepada mereka hadiah, untuk menyerang dan membunuh pasukan AS di wilayah tersebut. (Baca: NYT: Intel AS Sebut Rusia Perintahkan Pembunuhan Tentara Amerika di Afghanistan )

Moskow sendiri telah membantah tuduhan itu.

The New York Times dan Washington Post keduanya melaporkan bahwa beberapa tentara Amerika diyakini telah tewas sebagai akibat dari pemberian hadiah itu.

Trump pekan lalu mengatakan bahwa ia tidak diberitahu tentang upaya yang dilaporkan Rusia, karena para pejabat intelijen tidak yakin tentang kebenarannya. Namun The New York Times melaporkan bahwa presiden menerima briefing tertulis tentang program awal tahun ini, dan informasi itu juga dimasukkan dalam laporan CIA yang banyak dibaca pada bulan Mei. (Baca: Soal Rusia Buru Tentara AS di Afghanistan, Trump Mengaku Tidak Diberitahu )

Secara keseluruhan, 60% orang Amerika mengatakan mereka menemukan laporan pemberian hadiah Rusia untuk tentara Amerika "sangat" atau "agak" dapat dipercaya, sementara 21% mengatakan mereka tidak kredibel dan sisanya tidak yakin.

Tiga puluh sembilan persen mengatakan mereka berpikir Trump "tidak tahu" tentang penargetan militer AS di Rusia sebelum laporan muncul di media berita bulan lalu, sementara 26% mengatakan presiden "tidak tahu,"

Sementara itu 81% warga Amerika mengatakan mereka memandang Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai ancaman bagi Amerika Serikat, termasuk 24% yang melihatnya sebagai "ancaman yang akan segera terjadi." Hanya 35% mengatakan mereka menyetujui penanganan Trump terhadap Rusia, dibandingkan dengan 52% yang tidak setuju.

Sebanyak 54% mengatakan AS harus menghukum Rusia dengan sanksi ekonomi, sementara 9% mendukung serangan terhadap militernya, 9% lainnya ingin melanjutkan dan mencoba meningkatkan hubungan dengan Rusia, dan 29% mengatakan mereka tidak yakin seperti dikutip dari Reuters, Rabu (8/7/2020).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)