Erdogan Telepon Zelensky, Bahas Perkembangan Perang Rusia-Ukraina

Sabtu, 19 November 2022 - 20:15 WIB
loading...
Erdogan Telepon Zelensky, Bahas Perkembangan Perang Rusia-Ukraina
Erdogan Telepon Zelensky, Bahas Perkembangan Perang Rusia-Ukraina. FOTO/Anadolu Agency
A A A
ANKARA - Presiden Turki dan Ukraina pada Jumat (18/11/2022), melakukan percakapan via telepon dan membahas perkembangan perang yang sedang berlangsung antara Moskow dan Kiev, serta kesepakatan biji-bijian Istanbul.

Menurut kantor kepresidenan Turki, Recep Tayyip Erdogan berterima kasih kepada timpalannya dari Ukraina Volodymyr Zelensky atas “sikap konstruktifnya” terhadap perpanjangan kesepakatan biji-bijian yang penting.



Memperhatikan pengalaman positif yang diperoleh dari kesepakatan biji-bijian dan pertukaran tahanan, Erdogan mengatakan akan menguntungkan semua orang untuk memperluas pemahaman ini ke jalan negosiasi, terutama gencatan senjata.

Presiden Turki juga berterima kasih kepada mitranya dari Ukraina atas belasungkawa atas serangan teror Istanbul yang mematikan yang menewaskan enam orang dan 81 lainnya terluka.



“Dalam panggilan telepon dengan Presiden @RTErdogan, kami memuji perpanjangan kesepakatan biji-bijian. Saya berterima kasih telah mendukung inisiatif #GrainfromUkraine kami dan meyakinkan bahwa Ukraina akan tetap menjadi penjamin stabilitas pangan. Kerjasama keamanan dan energi juga dibahas,” cuit Zelensky di Twitter, seperti dikutip dari Anadolu Agency.

Pada hari Kamis, beberapa hari sebelum kedaluwarsa yang dijadwalkan, kesepakatan biji-bijian penting yang ditandatangani di Istanbul pada bulan Juli oleh Turki, PBB, Rusia, dan Ukraina diperpanjang selama 120 hari, mulai 19 November.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1111 seconds (0.1#10.140)