AS Akan Bantu Thailand Kembangkan Reaktor Nuklir Kecil

Sabtu, 19 November 2022 - 18:10 WIB
loading...
AS Akan Bantu Thailand Kembangkan Reaktor Nuklir Kecil
AS Akan Bantu Thailand Kembangkan Reaktor Nuklir Kecil
A A A
BANGKOK - Amerika Serikat (AS) akan membantu Thailand mengembangkan tenaga nuklir melalui kelas baru, reaktor kecil, bagian dari program yang ditujukan untuk memerangi perubahan iklim. Hal itu diungkapkan Wakil Presiden Kamala Harris, Sabtu (19/11/2022).

Gedung Putih mengatakan, bantuan itu adalah bagian dari Net Zero World Initiative, sebuah proyek yang diluncurkan pada KTT iklim Glasgow tahun lalu. Di proyek itu, AS bermitra dengan sektor swasta dan dermawan untuk mempromosikan energi bersih.



Thailand tidak memiliki tenaga nuklir, dengan suasana hati publik tentang masalah ini memburuk setelah bencana Fukushima 2011 di Jepang.

Gedung Putih mengaku akan menawarkan bantuan teknis kepada negara Asia Tenggara itu untuk menyebarkan teknologi pengembangan reaktor modular kecil, yang dibangun di pabrik dan portabel. Reaktor semacam itu umumnya dianggap lebih aman karena tidak memerlukan campur tangan manusia untuk dimatikan dalam keadaan darurat.

"Kami sangat berharap dapat bekerja sama dengan Thailand untuk memanfaatkan manfaat reaktor modular kecil dan sumber energi bersih yang andal," kata seorang pejabat senior AS yang bepergian dengan Harris, yang berbicara tanpa menyebut nama.

Sebuah pernyataan Gedung Putih mengatakan, para ahli AS akan bekerja dengan Thailand untuk menyebarkan reaktor, yang akan memiliki "standar keselamatan, keamanan, dan nonproliferasi tertinggi" dan memiliki tapak lahan yang lebih kecil daripada alternatif.



Saingan AS, China dan Rusia, serta Argentina, juga mengembangkan reaktor modular kecil, yang prototipenya sedang dalam tahap desain.

Gedung Putih tidak memberikan batas waktu, tetapi mengatakan akan mendukung Thailand, yang sangat rentan terhadap perubahan iklim, dalam tujuannya untuk menjadi netral karbon pada tahun 2065.

Harris, yang mengunjungi sekutu AS untuk KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik, akan membahas inisiatif tenaga nuklir dalam pertemuan Sabtu nanti dengan Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha.

Gedung Putih juga mengumumkan inisiatif dengan Thailand untuk meningkatkan keamanan internet generasi kelima dan sebuah proyek untuk membangun pusat perawatan kanker "kelas dunia" di provinsi Chonburi timur.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)