Zelensky Sesumbar Ukraina Bebas Korupsi dan Pengaruh Rusia

Jum'at, 18 November 2022 - 14:33 WIB
loading...
Zelensky Sesumbar Ukraina Bebas Korupsi dan Pengaruh Rusia
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sesumbar korupsi telah diberantas dari Ukraina dan semua pengaruh Rusia telah ditinggalkan atau diusir.

Zelensky mengungkapkan hal itu kepada khalayak global di Forum Ekonomi Baru Bloomberg pada Kamis (17/11/2022).

“Tidak ada yang bisa memaafkan korupsi di masa depan Ukraina,” ujar dia, menjelaskan bahwa semua pejabat korup telah meninggalkan negara itu dalam beberapa bulan setelah peluncuran operasi militer Rusia.

“Pejabat yang tersisa tidak akan tergoda untuk mengganggu operasi bisnis karena semua layanan pemerintah telah dilakukan secara elektronik,” papar dia.



Zelensky berjanji tidak akan ada “pengaruh modal Rusia di Ukraina” ke depan. Dia menjelaskan setiap kepentingan bisnis yang tidak “bersatu” di belakang pemerintahannya telah “meninggalkan perusahaan kami, atau kami mendorong mereka keluar” termasuk banyak partai politik dan outlet media pemerintahnya telah dilarang, seperti Partai Daerah pendahulu Viktor Yanukovych.

Pemimpin Ukraina mengungkapkan dia baru saja bertemu wakil presiden Bank Dunia untuk “memulai 'percontohan' dengan mereka mengenai asuransi investasi di Ukraina” dan berusaha menghilangkan potensi kekhawatiran tentang korupsi di negaranya.

“Investasi, terutama oleh industri pertambangan dan pengolahan, akan aman,” tegas dia.

Dia memuji “kemandirian ekonomi, keuangan, dan transparansi investasi.”

Outlet media Barat seperti The Guardian menempatkan Ukraina pada atau mendekati urutan teratas dalam daftar negara paling korup di dunia sebelum dimulainya aksi militer Rusia di negara itu pada bulan Februari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1664 seconds (0.1#10.140)