Rudal Balistik Antarbenua Korut Mendarat di ZEE, PM Jepang Berang

Jum'at, 18 November 2022 - 10:28 WIB
loading...
A A A
Korut memiliki dua jenis ICBM yaitu Hwasong-14 dan Hwasong-15. Peluncuran uji coba pada tahun 2017 membuktikan bahwa keduanya berpotensi mencapai bagian daratan AS.

Tahun ini Korut telah mencatat rekor setelah melakukan sejumlah tes semacam itu, yang dilarang oleh resolusi Dewan Keamanan PBB yang telah memberikan sanksi kepada negara tersebut atas program rudal dan senjata nuklirnya.

Korut juga menembakkan ratusan peluru artileri ke laut baru-baru ini saat Korea Selatan dan AS mengadakan latihan, beberapa di antaranya melibatkan Jepang.

Negara itu telah menghentikan peluncuran senjata selama sekitar satu minggu sebelum uji coba Kamis, yang didahului oleh ancaman yang dilontarkan Menteri Luar Negeri Choe Son-hui soal tanggapan militer yang “lebih keras”.



Choe merujuk pada KTT trilateral Presiden AS Joe Biden dengan rekan-rekannya dari Korea Selatan dan Jepang baru-baru ini di sela-sela pertemuan regional di Kamboja.

Dalam pernyataan bersama mereka, ketiga pemimpin mengecam keras uji coba rudal Korut baru-baru ini dan setuju untuk bekerja sama untuk memperkuat pencegahan. Biden menegaskan kembali komitmen AS untuk membela Korsel dan Jepang dengan berbagai kemampuan, termasuk senjata nuklirnya.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1873 seconds (0.1#10.140)