Nancy Pelosi Akan Mundur dari Kursi Ketua DPR AS

Jum'at, 18 November 2022 - 04:00 WIB
loading...
Nancy Pelosi Akan Mundur dari Kursi Ketua DPR AS
Nancy Pelosi Akan Mundur dari Kursi Ketua DPR AS. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi (82) telah mengumumkan bahwa dia tidak akan mencalonkan diri kembali ke kepemimpinan kongres Partai Demokrat, Kamis (17/11/2022). Putusan ini diambil Pelosi setelah Partai Republik menang tipis di pemilihan.

Pelosi, yang pada 2007 menjadi wanita pertama yang menjabat sebagai pembicara, telah menjadi anggota parlemen dari Partai Demokrat selama hampir 20 tahun. Pelosi juga mengatakan, dia akan terus melayani di Kongres untuk mewakili konstituennya di California, tetapi dia siap untuk memberikan tampuk kepemimpinan kepada generasi muda.



Keputusannya diambil kurang dari sebulan setelah seorang penyusup menyerang suaminya di rumah pasangan itu di San Francisco, dalam apa yang dikatakan otoritas AS sebagai serangan bermotif politik.

"Dengan keyakinan besar pada kaukus kami, saya tidak akan mencalonkan diri kembali sebagai pemimpin Demokrat di Kongres berikutnya," kata Pelosi dalam pidato di lantai DPR, seperti dikutip dari Al Jazeera.

“Bagi saya, saatnya telah tiba bagi generasi baru untuk memimpin kaukus Demokrat yang sangat saya hormati, dan saya bersyukur bahwa begitu banyak yang siap dan bersedia memikul tanggung jawab yang luar biasa ini,” lanjutnya.

Demokrat akan memilih pemimpin mereka untuk Kongres baru, yang diadakan awal tahun depan, pada akhir bulan. Ketua Konferensi Demokratik DPR Hakeem Jeffries, seorang perwakilan New York berusia 52 tahun, secara luas dianggap sebagai calon terdepan untuk menggantikan Pelosi.



Tiga Demokrat teratas di DPR AS selain Pelosi adalah pemimpin mayoritas DPR Steny Hoyer dan Jim Clyburn, yang sama-sama berusia 80-an.

Hoyer juga mengumumkan dalam sebuah surat kepada anggota parlemen Demokrat, bahwa dia tidak akan mencari posisi kepemimpinan di Kongres berikutnya. Ia mengatakan bahwa sudah waktunya untuk “generasi pemimpin baru”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)