MI5: Inggris Hadapi Ancaman Keamanan besar dari Rusia, China dan Iran

Rabu, 16 November 2022 - 23:44 WIB
loading...
MI5: Inggris Hadapi Ancaman Keamanan besar dari Rusia, China dan Iran
MI5 menyebut Inggris menghadapi ancaman keamanan dari Rusia, China, dan Iran. Foto/Ilustrasi
A A A
LONDON - Unit Intelijen Militer Inggris, MI5 mengatakan,negara itumenghadapi ancaman keamanan besar dari trio Rusia, China, dan Iran, yang semuanya menggunakan paksaan, intimidasi, dan kekerasan untuk mengejar kepentingan mereka

MI5 mengungkapkan setidaknya ada 10 ancaman potensial oleh Iran untuk menculik atau membunuh orang-orang yang berbasis di Inggris atau Inggris tahun ini.

Angka tersebut diungkapkan oleh kepala MI5, Ken McCallum, dalam update tahunannya tentang ancaman yang dihadapi Inggris.

McCallum juga memperingatkan Inggris harus siap untuk agresi Rusia di tahun-tahun mendatang, sembari menambahkan China adalah tantangan yang abadi.

Namun dia mengatakan Rusia telah mengalami kemunduran strategis setelah pengusiran massal mata-matanya di seluruh dunia setelah invasi ke Ukraina.

"Tidak seorang pun boleh berada di bawah ilusi tentang luasnya dan keragaman ancaman yang kita hadapi pada tahun 2022," kata McCallum kepada audiensi di dalam Thames House, markas dinas keamanan London, seperti dilansir dari BBC, Kamis (16/11/2022).

Dia memperingatkan perubahan terbesar yang dilihat layanannya datang dari ancaman yang ditimbulkan oleh negara lain yang "tidak takut dengan taktik yang mereka terapkan".

Dikatakan oleh McCallum Iran memproyeksikan ancaman langsung di Inggris melalui badan intelijen agresif. Ini termasuk ambisi untuk menculik atau bahkan membunuh orang Inggris atau warga Inggris yang dianggap sebagai musuh rezim.

"Kami telah melihat setidaknya 10 potensi ancaman seperti itu sejak Januari saja," ungkapnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2137 seconds (0.1#10.140)