Inggris-Prancis Kutuk Sikap Keras Iran pada Demonstran

Minggu, 13 November 2022 - 17:25 WIB
loading...
Inggris-Prancis Kutuk Sikap Keras Iran pada Demonstran
Inggris-Prancis Kutuk Sikap Keras Iran pada Demonstran. FOTO/Reuters
A A A
LONDON - Inggris dan Prancis mengutuk penindasan kekerasan Iran terhadap protes damai yang sah yang dipicu oleh kematian Mahsa Amini. Wanita Kurdi Iran itu telah ditangkap oleh Polisi Moral dan meninggal pada 16 September saat dalam tahanan.

Selama pembicaraan yang diadakan di Paris, Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly dan Menteri Luar Negeri Prancis Catherine Colonna juga mengutuk Teheran karena memasok Rusia dengan drone yang digunakan untuk menargetkan warga sipil dan infrastruktur sipil di Ukraina tanpa pandang bulu.



Keduanya mengecam kegiatan destabilisasi Iran di dan sekitar Timur Tengah, termasuk transfer kendaraan udara tak berawak dan rudal. Kedua pihak berjanji untuk memperkuat kerja sama internasional untuk melawan kegiatan semacam itu.

Para menteri menegaskan kembali tekad mereka yang jelas bahwa Iran tidak boleh memperoleh senjata nuklir dan keprihatinan mendalam mereka atas kerjasama yang tidak memadai dengan pengawas nuklir PBB Badan Energi Atom Internasional.

Inggris juga menuduh Iran mengancam kehidupan jurnalis yang berbasis di Inggris, setelah tindakan keras yang menurut kelompok hak asasi telah menyebabkan lebih dari 300 pengunjuk rasa anti-rezim tewas di Iran sendiri.

"Saya telah memanggil kuasa usaha Iran hari ini setelah wartawan yang bekerja di Inggris menjadi sasaran ancaman langsung terhadap kehidupan dari Iran," kata Cleverly. "Kami tidak mentolerir ancaman dan intimidasi dari negara asing terhadap individu yang tinggal di Inggris," lanjutnya.



Dua jurnalis Inggris-Iran yang bekerja di Inggris untuk saluran independen berbahasa Farsi telah menerima ancaman pembunuhan yang "kredibel" dari pasukan keamanan Iran, kata penyiar saluran tersebut, Senin.

Volant Media, penyiar saluran TV Internasional Iran yang berbasis di London, mengatakan pasangan itu telah menerima “ancaman pembunuhan dari Korps Pengawal Revolusi Islam.”

Saluran tersebut telah meliput protes anti-rezim di Iran setelah kematian Mahsa Amini pada pertengahan September karena diduga melanggar aturan berpakaian yang ketat untuk wanita. Volant Media mengatakan kepolisian Metropolitan London juga telah memberi tahu wartawan lain tentang ancaman.

(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1816 seconds (0.1#10.140)