Saudi-Yunani Gelar Latihan Udara Gabungan di Langit Mediterania

Minggu, 13 November 2022 - 15:45 WIB
loading...
Saudi-Yunani Gelar Latihan Udara Gabungan di Langit Mediterania
Saudi-Yunani Gelar Latihan Udara Gabungan di Langit Mediterania. FOTO/SPA
A A A
RIYADH - Falcon Eye 3, latihan bersama Angkatan Udara Kerajaan Saudi (RSAF) dan Yunani , diluncurkan dari Pangkalan Angkatan Udara Souda di Kreta. Saudi Press Agency melaporkan, sejumlah pesawat tempur terlibat dalam latihan ini.

Latihan dimulai dengan studi lapangan, yang mengatur dan menyatukan taktik awak udara Saudi dan Yunani, dan diikuti dengan penerbangan pelatihan bersama di langit, di atas Laut Mediterania.



Kolonel Khalifa Al-Enezi, komandan kelompok RSAF yang berpartisipasi dalam latihan tersebut, mengatakan bahwa latihan Falcon Eye 3 berfokus pada pelaksanaan beberapa operasi,

“Termasuk misi serangan dan dukungan udara untuk serangan balik dan pertahanan. Mereka juga fokus pada pelatihan di lingkungan peperangan elektronik canggih, yang memainkan peran penting dalam pertempuran udara,” kata Al-Enezi.

“Angkatan Udara Saudi berpartisipasi dengan sejumlah pesawat tempur F-15 dengan semua kru udara, teknis dan pendukungnya,” lanjut Al-Enezi.

Menurutnya, manuver tersebut bertujuan untuk meningkatkan kerja sama antara Angkatan Udara Yunani dan Saudi dan meningkatkan tingkat kesiapan tempur untuk mencapai misi dengan melakukan penerbangan melintasi perbatasan internasional, melakukan tugas operasional dan pelatihan, dan bertukar pengalaman militer.



Sementara Wakil komandan RSAF, Mayor Jenderal Talal Al-Ghamdi, mengatakan, bahwa Falcon Eye 3 adalah salah satu latihan udara bilateral yang paling menjanjikan untuk RSAF dan mitra Yunaninya. Versi sebelumnya mencapai keberhasilan pada tingkat strategis, operasional, dan taktis.

Latihan difokuskan pada penerapan beberapa serangan mendadak, termasuk operasi serangan dan dukungan udara ofensif dan defensif.

Pada Mei 2021, Angkatan Udara Yunani dan Saudi mengikuti Falcon Eye 2 di Pangkalan Udara King Faisal, di sektor utara. Latihan itu diadakan dengan serangan mendadak oleh pesawat F-15C dan F-16 Angkatan Udara Hellenic Arab Saudi.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1714 seconds (0.1#10.140)