Tentara Rusia Mundur dari Kherson, Pukulan Terpahit bagi Vladimir Putin

Kamis, 10 November 2022 - 09:47 WIB
loading...
A A A
Meskipun argumen Jenderal Surovikin mungkin benar, keputusan itu tidak mungkin melunakkan para pendukung perang Rusia, di mana para pakar pro-perang Moskow putus asa.

War Gonzo, salah blog pendukung perang Rusia yang memiliki lebih dari 1 juta pelanggan, menggambarkan keputusan itu sebagai hal menyakitkan.

"Ini adalah halaman hitam dalam sejarah tentara Rusia. Tentang negara Rusia. Halaman yang tragis," tulis blogger tersebut.

Vladimir Putin bukan bagian dari pengumuman penarikan pasukan Rusia dan tidak sulit untuk melihat alasannya.

Setelah mengeklaim telah mencaplok wilayah Kherson hanya beberapa minggu yang lalu, dia hampir tidak terlihat mengakui kekalahan di stasiun televisi nasional.

Namun, upaya untuk melindunginya dari rasa malu tidak mungkin melindungi presiden dari keresahan yang berkembang atas kurangnya kemajuan invasinya.

Meski demikian, Ukraina curiga dengan pengumuman Moskow dan menyerukan kehati-hatian, karena khawatir Rusia akan mencoba menjebak pasukan Kiev ke dalam pertempuran mematikan di Kherson.

Mykhailo Podolyak, penasihat politik Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, mengatakan Rusia tidak bisa dipercaya.

"Sampai bendera Ukraina berkibar di atas Kherson, tidak masuk akal untuk membicarakan penarikan Rusia," katanya kepada Reuters, Kamis (10/11/2022).

Pengumuman penarikan Rusia yang disiarkan ke publik dan disengaja menambah kecurigaan di pihak Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1552 seconds (0.1#10.140)