Negara Asia dan Timur Tengah yang Pernah Menggunakan Sistem Komunis

Kamis, 10 November 2022 - 05:45 WIB
loading...
Negara Asia dan Timur Tengah yang Pernah Menggunakan Sistem Komunis
Afghanistan pernah dipimpin rezim komunis. Foto/challenge-magazine.org
A A A
KABUL - Ideologi komunis merupakan pemikiran politik, sosial, filosofis, dan ekonomi yang bertujuan menghilangkan kelas yang ada di masyarakat.

Negara yang menganut ideologi komunis memiliki sistem politik dengan kekuasaan pemerintahan yang mutlak. Sejumlah negara itu hingga kini masih menganut ideologi komunis.

Sebagian negara lainnya, termasuk di Timur Tengah, pernah mengadopsinya. Berikut Negara Timur Tengah yang pernah menggunakan sistem komunis.

1. Afghanistan

Afghanistan yang berada di Asia Selatan atau Asia Tengah itu sempat menganut paham komunis. Pada periode 1978-1992, Afghanistan berada dalam fase komunisme.

Atas dukungan Uni Soviet, pada 1978 berdiri rezim komunis pertama di Afghanistan, yakni Republik Demokratik Rakyat Afghanistan.

Hubungan Afghanistan dengan Uni Soviet sebenarnya telah dimulai pada 1953 oleh Mohammed Daoud Khan, Jenderal pro-Soviet.

Khan, perdana menteri saat itu, meminta bantuan ekonomi dan militer kepada Uni Soviet. Kedua negara kemudian menjadi sekutu dekat.

Partai komunis bernama Partai Rakyat Demokratik Afghanistan (PDPA) pun terbentuk pada 1965, dengan pemimpin utamanya Nur Mohammad Taraki.

Taraki lalu menggulingkan pemerintahan Khan dan menjadi pemimpin rezim yang berkuasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1516 seconds (0.1#10.140)