Benny Gantz: Israel Memiliki Kemampuan untuk Menyerang Iran

Rabu, 09 November 2022 - 21:31 WIB
loading...
A A A
Israel menandatangani perjanjian normalisasi dengan negara-negara Teluk sebagai bagian dari Perjanjian Abraham pada tahun 2020. Sejak itu, lembaga pertahanan telah mengadakan lebih dari 200 pertemuan dengan perwakilan dari negara-negara Arab yang menandatangani perjanjian dan yang menghadapi ancaman serupa dari Iran.

"Segala sesuatu yang mungkin harus dilakukan untuk melestarikan dan memperluas arsitektur regional - juga vis-a-vis Iran, tetapi tidak hanya," kata Gantz.

"Ketika Anda berkomunikasi satu sama lain, Anda memiliki kemampuan untuk mengenal satu sama lain, berbagi kemampuan, dan mencapai tingkat latihan bersama, berbagi intelijen, dan banyak lagi,” ia menambahkan.



Menurut laporan, Israel telah menjual setidaknya dua sistem pertahanan udara Barak Israel kepada Uni Emirat Arab untuk mempertahankan diri dari berbagai ancaman udara yang diluncurkan oleh Iran.

Gambar satelit yang dirilis oleh Tactical Report, yang mencakup peristiwa di negara-negara Teluk dan Timur Tengah, menunjukkan baterai dan radar Elta EL/M-2084 dikerahkan di dekat pangkalan udara al-Dhafra dekat Abu Dhabi.

Pertama kali dilaporkan oleh Breaking Defense, baterai itu adalah yang pertama dari apa yang bisa menjadi kontrak substansial untuk sistem tambahan untuk melindungi situs sensitif yang telah ditargetkan oleh rudal dan drone yang diluncurkan oleh pemberontak Houthi di Yaman.

Israel dan Uni Emirat Arab (UEA) telah bekerja sama secara diam-diam selama bertahun-tahun melawan hegemoni Iran, dan menurut laporan asing, di balik pintu tertutup meningkatkan pembagian intelijen dan hubungan militer mereka untuk bersiap menghadapi ancaman Iran.

Bahkan sebelum normalisasi hubungan dengan negara-negara Teluk, Israel mulai berbicara tentang pertahanan udara regional untuk melindunginya dari ancaman seperti drone dan rudal Iran. Setelah hubungan diformalkan dengan penandatanganan Kesepakatan Abraham pada tahun 2020, para pejabat Israel mulai secara terbuka berbicara tentang sistem Pertahanan Udara Timur Tengah.

Menurut Gantz, itu sudah beroperasi dan telah berhasil mencegat ancaman udara. Aliansi tersebut dilaporkan telah menyatukan Israel dan negara-negara Arab di Timur Tengah di sekitar meja bersama untuk mempertahankan negara mereka dari Iran dan proksinya yang telah meningkatkan serangan mereka, beberapa di antaranya mematikan, dalam beberapa tahun terakhir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1481 seconds (0.1#10.140)