Sekutu Kuat Putin Sambangi Teheran, Temui Sejumlah Pejabat Iran

Rabu, 09 November 2022 - 14:10 WIB
loading...
Sekutu Kuat Putin Sambangi Teheran, Temui Sejumlah Pejabat Iran
Sekutu Kuat Putin Sambangi Teheran, Temui Sejumlah Pejabat Iran. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Sekretaris Dewan Keamanan Rusia , Nikolai Patrushev berada di Teheran pada Rabu (9/11/202) untuk berkonsultasi dengan para pejabat Iran mengenai masalah keamanan, kantor berita TASS melaporkan.

“Di Teheran, Patrushev akan mengadakan konsultasi keamanan Rusia-Iran yang dijadwalkan dengan partisipasi para ahli Dewan Keamanan dan perwakilan dari kementerian dan lembaga kedua negara,” sebut laporan TASS, mengutip layanan pers Dewan Keamanan Rusia.



Rusia dan Iran mempertahankan kontak keamanan reguler. Pada awal Oktober, kedua negara mengadakan konsultasi antardepartemen tentang keamanan informasi. Delegasi Rusia dipimpin oleh Wakil Sekretaris Dewan Keamanan Oleg Khramov.

Patrushev terakhir mengunjungi Teheran pada Desember 2019, ketika konsultasi multilateral tentang Afghanistan berlangsung di sana. Namun, dia telah melakukan banyak diskusi - baik bilateral maupun multilateral - dengan rekan-rekan Irannya di tempat lain sejak itu.

Pada Februari 2021, Sekretaris Dewan Keamanan Rusia menerima di Moskow ketua Majelis Permusyawaratan Islam Iran. Dia juga memiliki sejumlah percakapan telepon.



Kunjungan itu dilakukan ketika tuduhan bahwa Iran telah memasok drone “kamikaze” ke Rusia untuk mendukung invasi Moskow ke Ukraina tetap menjadi fokus. Selama akhir pekan, Teheran mengakui untuk pertama kalinya telah mengirim “sejumlah kecil” drone ke Moskow, tetapi mengatakan mereka dikirim sebelum perang dimulai.

Kiev dan Barat mengatakan, Rusia telah menggunakan pesawat tak berawak Iran untuk menargetkan infrastruktur energi Ukraina dalam serangkaian serangan selama beberapa minggu terakhir yang telah memaksa Ukraina untuk memasang pemadaman bergilir di kota-kota besar, termasuk Kyiv, untuk melestarikan listrik.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)