Berapa Banyak Senjata Nuklir yang Dimiliki Rusia Hingga 2022?

Selasa, 08 November 2022 - 21:37 WIB
loading...
Berapa Banyak Senjata Nuklir yang Dimiliki Rusia Hingga 2022?
Berapa banyak senjata nuklir yang dimiliki Rusia hingga 2022?. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Kementerian Luar Negeri Rusia bulan lalu merespons retorika Barat terkait senjata pemusnah massal dengan menekankan bahwa Mokow tidak mengancam siapa pun dengan senjata nuklir.

Meski begitu, ini tidak lantas membuat ketakutan akan pecahnya perang nuklir mereda mengingat Rusia adalah salah satu negara yang memiliki rudal nuklir di gudang senjatanya. Sebenarnya, seberapa banyak senjata nuklir yang dimiliki Rusia hingga saat ini?

Doktrin Militer Rusia menetapkan bahwa Moskow hanya akan menggunakan senjata nuklirnya sebagai tanggapan atas agresi negara lain dengan penggunaan senjata pemusnah massal, atau ketika keberadaan Rusia terancam.

Dikutip dari Sputnik, Selasa (8/11/2022), adapun senjata nuklir yang dimiliki Rusia saat ini total 5.977 hulu ledak nuklir, sementara hanya 1.426 yang dikerahkan.

Rusia memiliki 513 kendaraan pengirim yang dapat dikerahkan, mencakup serangkaian perangkat keras militer canggih, seperti rudal balistik antarbenua (ICBM), pembom strategis, kapal selam bertenaga nuklir, dan kendaraan luncur hipersonik.

Jika musuh berani menggunakan senjata pemusnah massal melawan Rusia, kendaraan pengirimnya, termasuk ICBM Sarmat, Yars, dan Topol akan segera diarahkan ke agresor oleh Angkatan Bersenjata Rusia untuk melancarkan serangan balasan, sesuai dengan doktrin militer negara tersebut.



Ada juga pembom jarak jauh Tu-160 dan Tu-95 yang ditingkatkan, kapal selam kelas Borei yang dilengkapi dengan rudal nuklir Bulava dan kendaraan luncur hipersonik Avangard dan Kinzhal, yang dapat digunakan prajurit Rusia untuk memukul mundur potensi agresi dengan serangan nuklir balasan.

Dalam nada ini, perlu disebutkan apa yang disebut senjata nuklir taktis, yang tidak seperti yang strategis, tidak dapat menghancurkan seluruh kota dan yang dirancang untuk menembakkan serangan tepat ke posisi musuh.

Sejauh tujuan utama senjata nuklir taktis, mereka harus menggabungkan efektivitas tempur maksimum dengan amunisi yang lebih kecil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1730 seconds (0.1#10.140)