Polandia akan Perluas Pangkalan Udara Amerika Serikat

Selasa, 08 November 2022 - 14:01 WIB
loading...
A A A
Mereka menambahkan, kesepakatan itu akan "memperkuat" keamanan nasional.

Sebanyak 114 proyek infrastruktur di 11 lokasi dimasukkan ke dalam perjanjian, yang menurut kementerian akan “memungkinkan pengembangan cepat kemampuan tempur tambahan di Eropa Tengah dan Timur.”

Menurut Blaszczak, Warsawa juga berencana membangun potensi militernya sendiri dengan membeli helikopter dan tank dari AS.

Diharapkan untuk menerima tank Abrams pada awal tahun depan. Pesanan pembelian untuk 96 helikopter serang juga telah ditempatkan, menurut menteri pertahanan.

Pekan lalu, Presiden AS Joe Biden mengatakan pasukan AS yang "sementara" dikerahkan ke Polandia kemungkinan akan tinggal di sana untuk "waktu yang lama."

Warsawa sebelumnya meminta Washington untuk secara permanen menempatkan pasukan di Polandia, tetapi tindakan itu secara teknis akan melanggar perjanjian NATO dengan Rusia.

Tidak diketahui berapa banyak pasukan AS saat ini di Polandia, pusat logistik utama NATO untuk mendukung pemerintah di negara tetangga Ukraina.

Pada bulan Mei, duta besar AS di Warsawa mengungkapkan lebih dari 12.600 personel militer Amerika berada di negara itu, jumlah terbesar dalam sejarah.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)