Kapal Selam Nuklir Inggris Kebakaran, Misi Sangat Rahasia Dibatalkan

Selasa, 08 November 2022 - 08:13 WIB
loading...
Kapal Selam Nuklir Inggris Kebakaran, Misi Sangat Rahasia Dibatalkan
HMS Victorious, salah satu dari empat kapal selam strategis Angkatan Laut Inggris sedang membawa 2 rudal nuklir ketika kebakaran terjadi di atas kapal. Foto/CROWN
A A A
LONDON - Salah satu kapal selam nuklir kelas Vanguard Angkatan Laut Inggris terpaksa membatalkan “misi rahasia” setelah mengalami kerusakan akibat kebakaran.

Kabar itu diungkap artikel hari Minggu (6/11/2022) yang diterbitkan The Sun.

Menurut sumber The Sun, butuh upaya dari seluruh 130-plus kru, termasuk banyak yang sedang tidak bertugas, untuk memadamkan api akibat listrik di atas kapal selam HMS Victorious.



Saat kejadian, kapal selam itu membawa ICBM nuklir Trident 2. Meski api dilaporkan dapat dipadamkan dengan relatif cepat, situasi darurat yang diumumkan kapten kapal memaksa kapal menuju ke permukaan di lokasi yang dirahasiakan di Atlantik Utara untuk mengeluarkan asap beracun.

Satu sumber Angkatan Laut dilaporkan menjelaskan kepada The Sun bahwa, “Setiap anggota Angkatan Laut Kerajaan yang berlayar di laut adalah petugas pemadam kebakaran yang memenuhi syarat.”

Hal ini memastikan kapal perang dan kapal selam Inggris dapat dengan cepat menanggapi insiden tersebut tanpa mempengaruhi hasil operasional.



Namun demikian, kerusakan yang disebabkan kebakaran mendorong kapten kapal selam membatalkan “misi sangat rahasia” yang tidak ditentukan dan memerintahkan kapal kembali ke pangkalan di HMNB Clyde di Faslane, Skotlandia.

The Sun mencatat kapal selam berusia 30 tahun, yang menelan biaya lebih dari USD3 miliar untuk pembuatannya, adalah salah satu dari empat patroli pencegah nuklir non-stop Angkatan Laut Kerajaan.

Seorang juru bicara Angkatan Laut Kerajaan mengatakan kepada surat kabar itu bahwa insiden itu tidak mempengaruhi pencegah di laut yang terus menerus beroperasi.

Meski demikian, sumber itu menolak memberikan rincian lebih lanjut tentang operasi kapal selam nuklir tersebut.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)