Kereta Api dari Korut Terdeteksi Melintasi Perbatasan Rusia, Apa yang Diangkut?

Minggu, 06 November 2022 - 20:40 WIB
loading...
Kereta Api dari Korut Terdeteksi Melintasi Perbatasan Rusia, Apa yang Diangkut?
Kereta Api dari Korut Terdeteksi Melintasi Perbatasan Rusia, Apa yang Diangkut?. FOTO/Panoramio
A A A
PYONGYANG - Sebuah kereta api melintas dari Korea Utara (korut) ke Rusia pada Jumat (4/11/2022). Pergerakan kereta ini terdeteksi dua hari setelah Amerika Serikat (AS) mengaku memiliki informasi yang mengindikasikan Pyongyang secara diam-diam memasok peluru artileri kepada Rusia.

Sebuah perusahaan citra satelit komersial, Proyek 38 North, yang memantau perkembangan Korut, mengatakan itu adalah pertama kalinya pergerakan kereta api seperti itu diamati di rute tersebut dalam beberapa tahun.



Sebelumnya, layanan dokter hewan Rusia melaporkan, bahwa sebuah kereta api telah melintasi perbatasan ke Korut membawa kuda.

“Tidak mungkin untuk menentukan tujuan kereta dari citra, tetapi penyeberangan itu terjadi di tengah laporan penjualan senjata dari Korea Utara ke Rusia dan ekspektasi umum akan dimulainya kembali perdagangan antara kedua negara,” kata pernyataan 38 North, seperti dikutip dari Reuters.

Laporan tersebut mengatakan, pada pukul 10:24 pagi waktu setempat (01.24 GMT) tiga gerbong kereta tertutup terlihat di sisi perbatasan Korea, dan pada pukul 13:10 siang. waktu setempat (04.10 GMT) tampaknya berada di Rusia di belakang lokomotif, sekitar 200 meter dari ujung jembatan kereta api.

Pukul 14:29 (0529 GMT) lokomotif dan tiga gerbong terlihat di jalur di Stasiun Khasan Rusia, sekitar 2 km (1,2 mil) dari perbatasan, dan tiga gerbong tertutup yang lebih kecil, atau kemungkinan kontainer di gerbong datar, diparkir di samping kereta yang baru tiba di sebuah trek yang berdekatan.



“Apakah pemindahan material sedang berlangsung, tidak dapat ditentukan. Dan, lokasi yang diparkir dari rangkaian kereta ini mungkin tidak terkait,” kata laporan itu.

Sebelumnya, Gedung Putih mengatakan, bahwa Washington memiliki informasi yang menunjukkan Korut secara diam-diam memasok Rusia dengan sejumlah peluru artileri "signifikan" untuk perangnya di Ukraina dan berusaha untuk mengaburkan pengiriman dengan menyalurkannya melalui negara-negara di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Pada bulan September, Korut mengatakan bahwa mereka tidak pernah memasok senjata atau amunisi ke Rusia dan tidak memiliki rencana untuk melakukannya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)