Rusia Kirim Sinyal Mundur dari Ukraina Selatan, Kiev Waspadai Jebakan

Jum'at, 04 November 2022 - 15:50 WIB
loading...
Rusia Kirim Sinyal Mundur dari Ukraina Selatan, Kiev Waspadai Jebakan
Rusia Kirim Sinyal Mundur dari Ukraina Selatan, Kiev Waspadai Jebakan. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Seorang pejabat Rusia di Ukraina selatan mengatakan, Moskow kemungkinan akan menarik pasukannya dari tepi barat Sungai Dnipro di Kherson dan mendesak warga sipil untuk pergi. Sikap ini dinilai sebagai sinyal mundur Rusia.

Seperti dilaporkan Reuters, ada keheningan dari para pejabat senior di Moskow. Pemerintah Kiev dan analis militer Barat tetap berhati-hati, menunjukkan bahwa Rusia dapat membuat jebakan untuk memajukan pasukan Ukraina.



“Kemungkinan besar unit kami, tentara kami, akan berangkat ke tepi kiri (timur),” Kirill Stremousov, wakil administrator sipil wilayah Kherson yang dilantik Rusia, mengatakan dalam sebuah wawancara pada Kamis (3/11/2022), dengan Solovyov Live, outlet media online pro-Kremlin.

Daerah itu termasuk kota Kherson, ibu kota wilayah dengan nama yang sama, dan satu-satunya kota besar yang direbut Rusia secara utuh sejak invasinya pada Februari. Ini juga mencakup satu sisi bendungan di seberang Dnipro yang mengontrol pasokan air untuk mengairi Krimea, semenanjung yang diduduki Rusia sejak 2014.

Sebelumnya, Rusia telah membantah pasukannya berencana untuk menarik diri dari daerah tersebut. Dalam komentar panjang pada Kamis malam di sebuah program yang diselenggarakan oleh televisi RT, Stremousov agak lebih samar-samar mengatakan sejumlah keputusan.



“Kita harus mengambil beberapa keputusan yang sangat sulit sekarang. Apapun strategi kita. Dan beberapa orang mungkin takut untuk mengenali sesuatu,” kata Stremousov.

“Tetapi bagi saya sangat penting untuk mencoba mengatakan saat ini – Orang-orang, tolong pergi ke tepi timur. Anda akan berada dalam posisi yang jauh lebih aman,” lanjutnya.

Stremousov juga mengatakan, dia berharap "kita tidak akan meninggalkan Kherson". “Dan jika itu terjadi, itu akan menjadi pukulan besar tidak hanya dalam hal citra kita semua, tetapi pukulan besar bagi orang-orang di sini yang bisa bertahan," tambah Stremousov.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1091 seconds (0.1#10.140)