Apakah Palestina Akan Dijajah Israel Sampai Kiamat?

Kamis, 03 November 2022 - 18:31 WIB
loading...
Apakah Palestina Akan Dijajah Israel Sampai Kiamat?
Warga Palestina menghadapi tentara Israel yang menyerbu Huwara, Tepi Barat, 26 Mei 2022. Foto/REUTERS/Raneen Sawafta
A A A
YERUSALEM - Israel menyatakan kemerdekaannya pada tahun 1948. Dalam riwayatnya, negara ini dikenal memiliki riwayat konflik yang cukup panjang dengan Palestina.

Selama bertahun-tahun, konflik antar kedua negara ini tak kunjung padam. Padahal, telah banyak juga upaya perdamaian yang dilakukan dunia internasional agar segera menghentikan konflik tak berujung ini.

Dengan status tersebut yang tak kunjung berakhir, sebagian orang bahkan berpendapat bahwa kemungkinan Palestina ini akan dijajah oleh Israel hingga datangnya hari kiamat nanti.

Sebelum itu, perlu dipahami terlebih dahulu akar masalah dari konflik Israel dan Palestina ini. Dikutip dari laman Washington Institute, konflik kedua negara ini didorong oleh beberapa faktor seperti etnis, kebangsaan, sejarah, hingga agama.



Satu hal yang pasti adalah perebutan kepemilikan atas Yerusalem karena keberadaan tempat-tempat sucinya oleh orang-orang Yahudi dan juga Islam di kota tersebut.

Dalam sejarah Yahudi, Yerusalem dianggap sebagai ibukota Kerajaan Israel pada masa pemerintahan Raja Daud. Selain itu, disana ada juga beberapa situs suci seperti Temple Mount dan Tembok Barat.

Sementara bagi umat Islam, kota ini adalah kiblat pertama yang digunakan untuk ibadah sholat. Selain itu, tempat ini juga menjadi lokasi peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad. Intinya, Yerusalem ini sama pentingnya bagi Israel dan Palestina.



Selain itu, jika melihat para penduduk Yahudi yang mendirikan pemukiman di Tepi Barat, sebagian dipercaya masih menunggu kedatangan Mesias yang mereka nantikan. Akibatnya, tak jarang mereka terlibat bentrok dengan warga Palestina setempat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)