Alasan Amerika Serikat Tak Mengakui Palestina sebagai Negara Merdeka

Kamis, 03 November 2022 - 17:05 WIB
loading...
A A A
AS sampai saat ini belum mengakui kedaulatan Palestina karena memiliki hubungan yang erat dengan Israel. AS mempunyai kepentingan di Timur Tengah dalam bidang ekonomi hingga politik.

Untuk itu, AS berusaha untuk menjaga keamanan Israel dari serangan negara lain. Apabila Israel kalah, negara yang dipimpin oleh Joe Biden ini akan sulit untuk meyebarkan pengaruhnya di Timur Tengah.

Selain itu, AS juga memberikan bantuan kepada Palestina. Bantuan keamanan yang diberikan AS kepada Palestina itu bertujuan untuk memperkecil serangan terorisme terhadap AS dan Israel.

Pada akhirnya, bantuan yang diberikan tersebut memberi manfaat dalam menjaga keamanan Israel serta melindungi kepentingan Amerika Serikat di Timur Tengah.

Melansir ugm.ac.id, Duta Besar Indonesia untuk Lebanon Drs Hajriyanto Y Tohari, MA, dalam diskusi ilmiah bertajuk “Antara Amerika-Israel dan Palestina”, pada Rabu (19/5/2021), menjelaskan, terdapat beberapa alasan AS selalu mendukung Israel.

Di antara alasan tersebut adalah untuk pengamanan jalur minyak di Timur Tengah, pengamanan basis militer di Timur Tengah, mempertahankan rezim berkuasa sebagai bagian dari AS di Timur Tengah, hingga pemberian dukungan proteksi kepada Israel.

Tohari juga mengatakan, kebijakan politik luar negeri AS di Timur Tengah untuk melindungi Israel supaya AS tetap menancapkan kekuasaan di kawasan yang kaya akan minyak.

Pergantian presiden AS, menurutnya, tidak bisa diharapkan akan membawa perubahan di Timur Tengah.

Hal ini karena dalam pandangan AS, keamanan serta eksistensi Israel merupakan landasan pijakan politik AS.

Tohari menambahkan, dukungan AS untuk memberi kemerdekaan Palestina tergantung dari itikad baik negeri Pam Sam ini dan tekanan dari negara di dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1620 seconds (0.1#10.140)